BKD Membuka 375 Kuota PPPK 2022

  • Bagikan
Puntodewo, Kepala BKD Pemalang (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemalang akan membuka 375 kuota Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) di tahun 2022. Dengan persiapan anggaran yang ada, pengangkatan PPPK paling cepat akan dilakukan pada Oktober 2022 mendatang.

Kepala BKD Pemalang, Puntodewo menjelaskan, rincian kuota PPPK pada 2022 ini, yaitu 297 PPPK tenaga pendidik (tendik) dan 78 tenaga kesehatan (nakes). Terkait dengan proses pengangkatan, ia mengatakan, masih menunggu penetapan jadwal. Dan diperkirakan pengangkatan PPPK akan dilakukan paling cepat pada Oktober 2022 ini.

“Penentuan kuota ini setelah pengajuan dari DPRD sebelumnya. Dan ditentukan total 375 PPPK di 2022. Semoga bisa sesuai dengan harapan para guru yang kemarin sempat menyuarakan untuk segera diadakan pengangkatan PPPK,” terangnya di Pemalang, Kamis (4/8).

Ia menuturkan, terkait dengan anggaran, pihaknya telah menyiapkan APBD perubahan 2022 untuk tiga bulan, yaitu Oktober, November dan Desember. Bila diundur, ia memastikan, tetap ada anggaran untuk pembiayaan PPPK nanti.

Baca juga:  Disdikbud Pemalang Mulai Sosialisasikan PPDB Online

InsyaAllah APBD aman. Karena sudah dihitung oleh Menteri Keuangan untuk penganggaran pembiayaan PPPK di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Jadi tidak perlu khawatir,” pungkasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, bisa atau tidaknya ada penambahan kuota, tergantung pada kapasitas anggaran yang dimiliki pemkab. Sebab saat ini pemerintah pusat telah menetapkan batasan belanja pegawai, tidak boleh lebih dari 30 persen. Maka kemungkinan tidak ada tambahan.

“Kapasitas anggaran sudah ditentukan dan ada batasan 30 persen belanja pegawai untuk penggunaan APBD. Jadi kemungkinan tidak ada tambahan kuota. Bahkan Pemalang penggunaannya sudah lebih dari 40 persen, karena banyaknya pegawai yang pensiun,” imbuhnya. (fan/all)

  • Bagikan