Final LCC, Dorong Pemahaman akan Sejarah

  • Bagikan
SERAHKAN: Kepala Dinas Kebudayaan Bantul, Nugroho Eko Setyanto memberikan piagam, trophy dan uang pembinaan sebesar Rp 5 juta kepada juara pertama LCC Sejarah siswa/siswi SMAN 1 Bantul di Ruangan Parangkusumo, Hotel Ros In, Bantul Kamis (4/8). (ERNA SARI SUSANTI/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Siswa/siswi generasi penerus bangsa di Kabupaten Bantul saat ini terus didorong untuk memahami akan sejarah yang ada di Indonesia, terlebih Bantul. Salah satu upayanya yakni dengan mengadakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Sejarah yang diikuti oleh 34 SMA/SMK/MA se-Kabupaten Bantul.

Kepala Seksi Sejarah dan Permuseuman Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Devi Puspitasari mengatakan, bahwa LCC seleksi tersebut mulanya dilaksanakan di tiga wilayah serentak pada Selasa (2/8). Kemudian untuk finalnya dilaksanakan pada Kamis (4/8), yang diikuti oleh enam sekolah.

“Sesuai dengan temanya, yakni memperkuat keistimewaan Yogyakarta melalui sejarah, serangan umum, dan penegakan kedaulatan serta budaya, LCC ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air melalui sejarah lokal dan sejarah bangsa. Kemudian juga memberikan edukasi, pemahaman, dan meningkatkan kompetensi diantara para pelajar secara sportif di bidang sejarah,” ujarnya, Kamis (4/8).

Ia menambahkan, dalam final ini terdapat lima babak. Kemudian untuk materinya yakni seputar sejarah, seperti sejarah lokal Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kebudayaan Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Bantul, Nugroho Eko Setyanto mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih. Termasuk juga kepada bapak/ibu guru yang ikut mendorong putera-puterinya dalam kepesertaan lomba cerdas cemat tersebut.

Baca juga:  Manfaatkan Aplikasi Pemetaan, Tandai Lokasi Bank Sampah

“Harapannya lomba ini akan memacu kepada semua siswa di Bantul. Khususnya anak SMA/SMK sederajat untuk senantiasa belajar mengasah diri terkait dengan kesejahteraan,” ucapnya.

Nugroho meyakini, bahwa terdapat pembelajaran yang dapat dipetik dalam pelaksanaan kegiatan ini. Kemudian terdapat pula nilai positif, sehingga dapat dijadikan bekal di masa mendatang.

“Harapannya untuk regu yang mewakili Kabupaten Bantul untuk maju di tingkat provinsi untuk mempersiapkan diri dari sekarang. Sehingga nantinya akan membuahkan hasil yang baik,” imbuhnya.

Dalam kegiatan ini, sebagai pemenang juara pertama adalah SMAN 1 Bantul, juara kedua SMAN 3 Bantul, dan juara ketiga adalah SMAN 1 Kretek. Sementara juara harapan pertama adalah SMAN 1 Sewon, harapan dua dari SMAN 1 Sedayu dan juara harapan tiga SMAN 1 Piyungan.

Ketiga siswa/siswi yang mewakili SMAN 1 Bantul, yakni Chaterine Angelita, Ayuanda Bela Piscesa, dan Erlangga Buges Hidayatullah tidak menyangka akan menjadi juara. Mereka sangat bersyukur. Sebab, persiapan dan pengetahuan saat ini dirasa masih sangat kurang.

“Sekarang ini yang terpenting adalah meningkatkan belajar. Perbanyak latihan soal dan wawasan. Kami siap maju ke provinsi dengan persiapan yang lebih giat lagi,” ujar Erlangga. (ers/bid)

  • Bagikan