Polsek Mejobo Terus Lakukan Pencegahan PMK

  • Bagikan
CEGAH: Personil Polsek Mejobo tampak tengah melakukan monitoring di Pasar Hewan, Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Rabu (3/8). (HUMAS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Polsek Mejobo kembali melaksanakan pencegahan penyakit kuku dan mulut (PMK), yang menyerang hewan ternak. Monitoring ini dilaksanakan di Pasar Hewan yang berada di Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Rabu (3/8).

Kapolsek Mejobo AKP Cipto mengatakan, monitoring dilakukan untuk mengantisipasi terjangkitnya PMK ke hewan ternak di wilayah setempat. Dalam pemantauan ini, kepolisian bersama petugas Dinas Peternakan dan Satib Pasar Hewan Kudus.

“Selain monitoring, kami bersama Dinas Perdagangan Kudus juga melakukan pengamanan penutupan sementara kegiatan operasional yang berada di Pasar Hewan ini. Guna mengantisipasi adanya kasus PMK,” ucapnya.

Pada saat pemantauan dilakukan, pihaknya masih menjumpai peternak yang memaksakan diri datang ke Pasar Hewan ini. Meskipun, sudah diberitahu adanya penutupan Pasar Hewan untuk mengantisipasi PMK.

Baca juga:  Vaksinasi Siswa agar PTM Normal

“Saat kami patroli masih menjumpai pelaku usaha yang memaksakan diri untuk datang. Dan mereka tahu kalau Pasar Hewan Gulang ini tengah ditutup oleh dinas terkait,” tuturnya.

Adapu, berdasarkan Surat Edarang dari Dinas Perdagangan pada 21 Juli 2022 tentang Penutupan Pasar Hewan, hingga saat ini masih berlaku. Yakni tertulis sejak 23 Juli sampai 13 Agustus mendatang.

“Maka dari itu, kami memberikan imbauan kepada mereka. Yakni penjual hewan ternak maupun pembeli yang terlanjur dan masih memaksakan diri datang ke Pasar Hewan Gulang ini, untuk mengantisipasi adanya potensi PMK,” pungkasnya.(sam)

  • Bagikan