Kudus  

Teruskan Perjuangan Para Ulama NU

Bupati Kudus, H. M. Hartopo (HUMAS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Generasi muda Nahdlatul Ulama (NU) diminta untuk meneruskan perjuangan para ulama NU. Sehingga ke depan, sinergitas dan kontribusi NU pada negeri semakin besar.

Bupati Kudus H. M. Hartopo menuturkan, peran NU sangat strategis, baik dalam memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia hingga dalam membantu menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif. Untuk itu, pihaknya mengajak NU bersinergi mewujudkan Kabupaten Kudus yang modern, religius, cerdas, dan sejahtera.

Selamat Idulfitri 2024

“Sudah banyak peran NU yang ikut menjadikan Kudus lebih kondusif. Kami menunggu lebih banyak kolaborasi untuk mewujudkan Kudus yang sejahtera. Semoga perjuangan besar ulama dan kader NU akan diteruskan pada generasi mudanya,” ungkapnya pada apel kebesaran NU, Kick Off hari lahir (harlah) satu abad NU, di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, belum lama ini.

Baca juga:  Pemdes Ngembalrejo Kelola BUMDes dengan Sewa Kios

Sementara,  lanjutnya, pembangunan NU Center juga menjadi salah satu prioritas Pemkab setempat. Menurutnya, pembangunan ini akan menyempurnakan sinergitas NU.

Selain apel, harlah satu abad NU juga dimeriahkan dengan adanya bazar UMKM dan berbagai lomba menarik, sesuai tingkatan pendidikan atau usia. Di antaranya, lomba tari kreasi bagi anak PAUD/TK/RA, lomba menggambar bagi anak SD/MI, lomba baca puisi, lomba pidato, pentas seni, dan ajang kreasi bagi Pelajar NU.

Di samping itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus, Samani Intakoris menyampaikan, peringatan harlah tahun ini adalah suatu momentum kebangkitan. Baik dalam kebangkitan agama dalam bentuk peningkatan iman dan takwa, maupun kebangkitan ekonomi masyarakat.

Baca juga:  Puluhan Sekolah Terdampak Banjir di Kudus Mulai Aktif KBM

Lebih jauh, pihaknya berkomitmen mendorong pelaku UMKM agar mampu bersaing di era digitalisasi pemasaran. Produk-produk unggulan yang memiliki potensi akan disampaikan kepada Bupati Kudus. “Selamat untuk teman-teman PCNU dan Muslimat ini suatu kebangkitan dalam peringatan harlah satu abad, bangkit ekonominya,” tuturnya.

Di sisi lain, Ketua PCNU Kudus KH Asyrofi Masyitho mengungkapkan, rangkaian harlah NU berlangsung selama enam bulan hingga puncaknya pada bulan Rajab. Pada harlah kali ini, fokus NU yakni mendidik dan membina generasi penerus untuk semakin cinta dan mengerti gerak juang NU. Sehingga memberi kontribusi yang nyata pada bangsa.(hms/ziz)