Mass Media Meningkatkan Ketrampilan Menulis Teks News Item Sederhana

Oleh: Katarina Kristanti, S.Pd
Guru Bahasa Inggris SMA N 12 Semarang, Kota Semarang

KETERAMPILAN berbahasa merupakan patokan utama siswa dalam mempelajari pembelajaran bahasa. Menurut Tarigan (2013:1), keterampilan berbahasa mempunyai empat komponen, yaitu: 1) keterampilan menyimak (listening skills); 2) keterampilan berbicara (speaking skills); 3) keterampilan membaca (reading skills); dan 4) keterampilan menulis (writing skills). Keterampilan menulis merupakan suatu keterampilan yang lebih kompleks dibandingkan dengan keterampilan yang lain.

Selamat Idulfitri 2024

Pada materi Kompetensi Dasar News Item kelas XII IPA di SMA Negeri 12 Semarang, Bahasa Inggris semester 1, peserta didik diharapkan dapat menulis sebuah teks berbentuk News Item dan mempresentasikannya di depan kelas. News Item Text adalah jenis teks dalam Bahasa Inggris yang memberikan informasi akan sebuah peristiwa penting yang layak dijadikan berita (news). Tujuan teks ini adalah untuk memberi informasi mengenai peristiwa penting kepada pembaca.

Menulis adalah keterampilan berbahasa yang paling sulit, sehingga dibutuhkan beberapa cara agar siswa lebih mudah dalam melakukannya. Salah satunya adalah dengan mengedepankan peran media masa, baik yang berupa elektronik (TV, internet) maupun cetak (koran, majalah) pada saat pembelajaran di kelas. Seperti yang disampaikan oleh Wulandari (2013), bahwa media berita merupakan peristiwa efektif yang dapat digunakan sebagai sumber belajar yang menginspirasi dan menggugah peserta didik dalam proses pembelajaran.

Pada kegiatan belajar mengajar di kelas, guru terlebih dahulu memberikan gambaran jenis teks yang akan menjadi obyek pembelajaran. Siswa diperkenalkan dengan jenis teks, yaitu News Item. Siswa juga mempelajari fungsi sosial, struktur teks, hingga unsur kebahasaan atau struktur bahasa dari jenis teks tersebut. Kemudian beberapa contoh berita yang terdapat di berbagai media masa seperti koran, majalah, berita online, atau berita di TV diperlihatkan ke siswa untuk dijadikan sumber pembelajaran. Siswa akan mendapatkan pengetahuan tentang ragam berita dari sumber belajar ini, sekaligus cara bagaimana menguraikan struktur teks berikut struktur bahasa dari ragam berita tersebut.

Selanjutnya, siswa akan dibagi menjadi beberapa tim disesuaikan dengan ragam berita yang telah mereka pelajari. Ada tim koran, majalah, dan berita online. Jumlah siswa dalam kelas adalah 36, sehingga setiap tim media masa terdiri dari 3 kelompok siswa yang masing-masing terdiri dari 4 siswa. Tugas per kelompok siswa adalah mencari sebuah berita di media masa yang sesuai dengan nama timnya. Tema beritanya bebas alias tidak ditentukan. Pada pertemuan berikutnya, setiap kelompok harus bisa menjelaskan fungsi sosial dan menguraikan struktur teks hingga unsur kebahasaan atau struktur bahasa dari berita tersebut.

Dari kegiatan di atas, diharapkan siswa dapat mengerti bagaimana caranya untuk bisa menciptakan jenis teks yang serupa. Dengan melihat visualisasi beberapa informasi dari media masa yang bervariasi tersebut, mungkin saja akan timbul ide atau gagasan bagi mereka untuk menulis informasi yang diperlukan sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan jenis teks News Item. Untuk itu, guru memberi tugas lanjutan, yaitu setiap kelompok harus bisa menulis sebuah teks sederhana yang berisi tentang sebuah berita. Boleh tentang sebuah peristiwa yang betul-betul terjadi di sekeliling mereka atau sekadar imajinasi saja.

Berbekal pengetahuan yang sudah di dapat dari pembelajaran di kelas, seperti penjelasan guru mengenai fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan atau struktur bahasa pada jenis teks News Item juga visualisasi informasi dari berbagai media masa, ternyata membuat siswa lebih mudah menyampaikan gagasan tentang tema berita mereka. Bekerja sama dengan cara menyatukan ide-ide mereka, membuat semua kelompok berhasil menulis sebuah teks News Item sederhana dan mempresentasikannya di depan kelas. Tugas untuk ketrampilan menulis telah selesai dilaksanakan.

Menulis memang bukan hal yang mudah, akan tetapi juga bukan suatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Dengan bantuan visualisasi informasi dari berbagai media masa, terbukti siswa dapat menulis sebuah teks News Item sederhana. (*)