Asyiknya Belajar Bahasa Indonesia Dengan Picture Hanger

Oleh: Indra Cahyastika
Guru SD Negeri Kuwu 1, Kec. Dempet, Kab. Demak

BAHASA Indonesia merupakan salah satu muatan pelajaran yang ada di Sekolah Dasar (SD), di mana ada 4 keterampilan yang harus dicapai dalam pembelajaran itu sendiri. Mulai dari keterampilan mendengarkan, menulis, membaca, dan berbicara.

Selamat Idulfitri 2024

Berdasarkan hasil pengamatan di kelas 2 SD Negeri Kuwu 1 mengenai kegiatan pembelajaran kelas 2, masalah pembelajaran yang terjadi adalah rendahnya kemampuan bercerita siswa yang perlu ditingkatkan dan belum berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Kurang sesuainya strategi pembelajaran yang digunakan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan bercerita siswa.

Selama pembelajaran berlangsung, terlihat bahwa siswa kurang aktif karena pembelajaran masih terpusat pada guru. Sehingga siswa kurang berperan aktif selama kegiatan pembelajaran. Selain itu, guru juga kurang memberikan kesempatan siswa untuk menyampaikan pendapat atau ingin menceritakan apa yang ada di pikirannya, serta imajinasi dan mengembangkan apa yang mereka tangkap dan mereka ingin sampaikan.

Di kelas 2 SD Negeri Kuwu 1 ini, guru juga belum menggunakan media dan model pembelajaran yang cocok untuk kegiatan proses belajar mengajar, yang mengakibatkan siswa kurang termotivasi dalam belajar. Sehingga perlu pengembangan media dan model yang cocok untuk pembelajaran kemampuan bercerita pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia.

Media pembelajaran merupakan alat atau perantara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran agar lebih mudah diserap oleh siswa. Media yang dapat diterapkan dalam pembelajaran salah satunya adalah media Picture Hanger.

Media Picture Hanger merupakan suatu gambar yang dipasangkan dengan hanger, di mana gambar ini bertujuan untuk memahami pelajaran Bahasa Indonesia dengan melakukan aktivitas berbicara, dibanding membaca dan menghafal. Mempelajari materi Bahasa Indonesia yang dituangkan ke dalam bentuk Picture Hanger dapat memberikan ketertarikan terhadap siswa. Selain mempelajari materi pelajaran, siswa dapat mengolah dalam berbicara agar dapat meningkatkan keaktifan anak pada pelajaran tersebut.

Media Picture Hanger ini merupakan modifikasi dari media Word Hanger, yaitu salah satu Alat Peraga Murah (APM). Media Picture Hanger ini berisi kata yang menerangkan sebuah gambar bagian depan berisi kata, sedangkan bagian belakang berisi gambarnya. Media ini juga digunakan di kelas 2 SD Negeri Kuwu 1 untuk muatan pelajaran Bahasa Indonesia.

Cara Pembuatannya yaitu 1). Gambar pola pakaian seperti kaos panjang dan pendek, kemeja, baju dress di kardus bekas dan dihiasi dengan kertas kado; 2). Gambar jenis-jenis pekerjaan dicetak warna di kertas, lalu tempelkan di kardus yang berbentuk pakaian dengan lem kertas; 3). Setelah itu, gambar ditempelkan dengan hanger/gantungan baju dengan cara dijahit dengan jarum dan benang wol.

Kemudian cara penggunaannya yaitu: 1) Jemuran gambar (Picture Hanger) ini dapat digunakan sebagai media untuk memudahkan siswa berimajinasi dalam bercerita untuk mendeskripsikan suatu objek; 2) Guru menunjukkan gambar dan sedikit arahan yang ada pada jemuran gambar (Picture Hanger), lalu siswa menceritakan gambar yang ada pada jemuran gambar (Picture Hanger) sesuai dengan gambar yang diperolehnya.

Penggunaan media Picture Hanger yang telah diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 2 SD Negeri Kuwu, 1 Kec. Dempet, Kab. Demak dirasa sangat cocok dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna pada siswa. Melalui penggunaan media Picture Hanger, didapatkan fakta bahwa aktivitas guru dan siswa meningkat, siswa juga lebih senang selama mengikuti pembelajaran di kelas, siswa terlihat lebih antusias dan dapat mengungkapkan pendapatnya dengan lebih percaya diri. (*)