Bangkit dari Pandemi, HUT RI ke-77 Jadi Tonggak Tingkatkan Toleransi

  • Bagikan
HORMAT: Bupati Kudus, H.M Hartopo ketika menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan HUT RI ke-77 di Alun-alun Kabupaten Kudus pada Rabu, 17/08/22. (HUMAS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Setelah bangkit dari pandemi selama dua tahun, serangkaian acara gelaran HUT RI ke-77 bisa dilaksanakan kembali. Di momen kemerdekaan ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mengajak masyarakat untuk menumbuhkan sikap toleransi, Rabu (17/8).

Bupati Kudus, HM Hartopo mengatakan, dalam kegiatan dan rangkaian tahun ini betul-betul bisa menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme. Serta, tidak diperbolehkan untuk membeda-bedakan.

“Kami ada upaya untuk mempertahankan toleransi di Kudus sendiri. Seperti diajarkan terus menerus secara formal melalui sekolah-sekolah. Maupun secara nonformal di kegiatan semacam seminar dan pendidikan atau latihan,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Hartopo mengimbau kepada masyarakat khususnya orang tua untuk bisa turut serta memantau anak-anaknya. Untuk memberikan pendidikan secara langsung mengenai toleransi.

Baca juga:  Satpol PP Kudus Masih Temukan Karaoke yang Nekat Beroperasi

“Orang tua harus bisa memantau anak-anaknya. Supaya, orang tua juga ikut mendidik secara langsung bagaimana rasa toleransi terhadap sesama,” tuturnya.

Sementara itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat tidak boleh untuk membeda-bedakan sesama. Seperti adanya perbedaan ras, suku dan lainnya.

“Kebinekaan harus kita pegang. Intinya harus bersatu jangan sampai terpecah-pecah. NKRI kita jaga NKRI harga mati,” pungkasnya. (sam/mg2)

  • Bagikan