Fosil Gading Gajah Purba Stegodon Sepanjang 2,5 Meter Ditemukan di Kudus

  • Bagikan
FOSIL: Potret temuan fosil Gading Gajah Purba Stegodon di Kudus. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng– Fosil Gading Gajah Purba sepanjang 2,5 Meter ditemukan oleh Situs Patiayam Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Tepatnya berada di Dusun Karangsudo, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus. Fosil tersebut berhasil dievakuasi di Kawasan Cagar Budaya Patiayam pada Senin (8/8) hingga Minggu (14/8).

Koordinator Museum Patiayam, Jamin menjelaskan, penemuan tersebut bermula dari warga setempat yang mendapati fosil di area persawahan lereng Pegunungan Patiayam, daerah kawasan Perhutani.

Setelah proses pengevakuasian, fosil tersebut dipindahkan ke museum Situs Purbakala Patiayam.

“Awalnya yang menemukan fosil tersebut itu petani sana. Setelah proses evakuasi selesai, fosil tersebut dipindah ke museum Situs Purbakala Patiayam dan dilakukan konservasi,” jelasnya.

Baca juga:  Pramuka Harus Bersinergi dan Kolaborasi
Proses pengusungan fosil Gading Gajah Purba Stegodon di Kudus, Jawa Tengah. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

Fosil tersebut merupakan fosil Gading Gajah Purba Stegodon. Proses evakuasi melibatkan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran dibantu oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus, dan Museum Situs Purbakala Patiayam.

Berdasar pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, fosil purba di kawasan Pegunungan Patiayam memang banyak ditemukan kala musim hujan.

Meski sekarang masih bulan Agustus, namun krisis iklim menyebabkan terjadinya hujan di musim kemarau. Sehingga, fosil tersebut dapat ditemukan.

“Semoga ada penambahan dan pengembangan tempat untuk penyimpanan restorasi. Tentunya, sesuai dengan standarisasi museum. Karena seiring dengan ditemukannya fosil, maka tempat yang dibutuhkan juga makin banyak,” harapnya. (cr1/mg2)

  • Bagikan