Tingkatkan Budaya Literasi Masyarakat melalui Kelas MC

  • Bagikan
AKTIF: Suasana kelas pelatihan MC di taman Perpustakaan Derah Kudus pada Kamis, 18/08/22. (SHELA MEYLANI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng– Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) kembali mengadakan kelas pelatihan. Kali ini, kelas yang dibuka merupakan kelas pelatihan Master of Ceremony (MC) atau Pembawa Acara, yang merupakan program unggulan Dinarpus yakni program tansformasi berbasis inklusi sosial.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Jadmiko Muhardi Setiyanto melalui Kepala Bidang Perpustakaan Sulistiyani menjelaskan, kelas tersebut diadakan selama tiga kali pertemuan, bertempat di taman Perpustakaan Daerah (Perpusda), mulai pada Kamis (18/8), Jumat (19/8), hingga Senin (22/8).

“Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00 hingga 10.00. Dengan peserta dari masyarakat umum,” terangnya.

Kelas tersebut ditujukan untuk umum dan diikuti oleh 51 peserta. Kebanyakan, peserta kelas ini berasal dari kalangan pendidik, mahasiswa, dan masyarakat umum.

“Ke depannya, jika masyarakat memang meminta untuk diadakan kelas MC lagi. Maka pihak Dinarpus akan mengadakan kembali kelas tersebut,” ujarnya.

Baca juga:  Dinarpus Kudus Raih Penghargaan Terbaik dari Perpusnas

Tujuan diadakannya kelas ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan literasi. Selain itu juga untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat di Kudus, meningkatkan kebermanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kudus.

“Semoga para peserta dapat konsisten mengikuti kegiatan tersebut sampai hari terakhir kelas,” harapnya.

Sementara itu, Pelatih MC Lisa Karlina menjelaskan, kelas tersebut ditujukan untuk membina para peserta agar handal menjadi MC, dan bagaimana menjadi MC yang baik.

“Modal yang diajarkan berupa persiapan menjadi MC, seperti etika, teknik, dan praktik. Di hari pertama, pelajaran berupa teori, hari kedua praktik MC formal, dan hari ketiga MC non-formal,” paparnya. (cr1/mg2)

  • Bagikan