Ribuan Masyarakat Antusias Saksikan Karnaval

  • Bagikan
DIARAK: Bupati Karanganyar Juliyatmono dengan berkuda mengenakan kostum seperti Pangeran Sambernyawa dalam karnaval pembangunan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Jalan Lawu Karanganyar, Kamis (18/8). (ANTARA/JOGLO JATENG)

KARANGANYAR, Joglo Jateng – Ribuan masyarakat dengan antusias memadati sepanjang di Jalan Lawu Kabupaten Karanganyar, Kamis (18/8). Mereka menyaksikan Karnaval Pembangunan dalam rangka memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Warga tumpah ruah menyaksikan karnaval pembangunan HUT RI yang kembali digelar setelah vakum selama dua tahun karena pandemi Covid-19 di kabupaten itu.

Ratusan peserta karnaval pembangunan HUT RI yang diikuti dari jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), instansi, pelajar dan masyarakat umum di Kabupaten Karanganyar. Mereka berjalan kaki menempuh mulai di kawasan Alun-alun depan Masjid Agung Madaniyah hingga menuju ke Rumah Dinas Bupati Karanganyar atau sejauh sekitar 1,5 kilometer.

Bahkan, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengikuti kirab dengan menunggang kuda mengenakan kostum layaknya Pangeran Sambernyawa, Wakil Bupati Karanganyar Rober Chirstanto mengenakan kostum seperti Untung Suropati dan Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo, mengenakan kostum seperti Pangeran Diponegoro.

Baca juga:  Bukan untuk Ikut Tren, Ini Penjelasan Kenapa Orangtua Harus Berliterasi Digital

Selain itu, Setda Karanganyar menampilkan mobil hias seperti miniatur Candi Cetho dan Candi Sukuh. Peserta karnaval juga menampilkan kostum masa perjuangan dan batik karnaval juga turut tampil memeriahkan HUT RI itu.

Menurut Bupati Karanganyar Juliyatmono karnaval tersebut implementasi dari tema Hari Kemerdekaan RI, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. “Kami bangkitkan semangat moralitas warga, karena rasa cinta Tanah Air, sebetulnya tidak bisa dibendung. Momentum ini, harus dioptimalkan jangan dilewati,” katanya.

Menurut Juliyatmono, momentum tersebut dapat menumbuhkan rasa cinta Tanah Air, nasionalisme, dan spirit gotong- royong. Hal ini, mengingat tidak ada kegiatan karnawal selama dua tahun sebelumnya.

Gianti (40) salah satu warga Karanganyar mengatakan, kegiatan tersebut selain menghibur masyarakat juga mengingatkan perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan RI. Sebagai generasi penerus harus mengisi kemerdekaan dengan belajar dan bekerja keras untuk pembangunan di Karanganyar. (ara/gih)

  • Bagikan