Magic Box Melejitkan Hasil Belajar Matematika

Oleh: David Indrianto, S.Pd
Guru SD Negeri Bango 1, Kec. Demak, Kab. Demak

PINDO Hantauruk (2018: 123) menyatakan bahwa hasil belajar adalah pencapaian bentuk perubahan perilaku yang cenderung menetap dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik dari proses belajar yang dilakukan dalam waktu tertentu. Sedangkan pembelajaran matematika adalah suatu proses belajar mengajar yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreativitas berpikir siswa yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa, serta dapat meningkatkan kemampuan mengonstruksi pengetahuan baru sebagai upaya meningkatkan penguasaan yang baik terhadap materi.

Selamat Idulfitri 2024

Matematika sendiri merupakan salah satu muatan pelajaran yang ada di kelas 4 sekolah dasar (SD). Banyak siswa menjadikan matematika sebagai momok yang menakutkan, dan mereka enggan belajar dengan serius untuk matematika. Kondisi ini menyebabkan hasil belajar secara klasikal belum maksimal termasuk pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB).

Baca juga:  Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Oleh karena itu, penulis sebagai guru berupaya membuat inovasi media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada muatan pelajaran matematika materi KPK dan FPB. Dalam melaksanakan pembelajaran, diperlukan persiapan dan strategi pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik dan juga bisa dipahami oleh peserta didik. Salah satu di antaranya adalah membuat media magic box (kotak ajaib).

Media magic box yaitu media yang nyata atau konkret karena menggunakan indra penglihatan yaitu mata. Media ini disebut kotak ajaib karena media ini memiliki solusi dalam memecahkan suatu permasalahan. Media ini termasuk media visual, di mana media ini hanya menggunakan indra penglihatan atau mata saja. Dari segi dimensinya, media ini tergolong media tiga dimensi karena memiliki panjang, tinggi, dan lebar.

Baca juga:  Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Menyekolahkan Anak

Media ini bertujuan menarik perhatian peserta didik, membuat siswa aktif pada proses belajar mengajar, dan memudahkan siswa memahami materi pembelajaran, serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Media magic box juga memiliki keunggulan, yaitu dapat menciptakan suasana belajar yang asyik atau menyenangkan, dapat mendorong peserta didik dalam memahami materi pelajaran.

Adapun langkah-langkah pembelajaran menggunakan media magic box yaitu buka tutup media magic box. Bentangkan sisi kiri, kanan, dan sisi depan magic box, sedangkan bagian papan mencari FPB dan KPK dibiarkan berdiri. Ambil angka yang akan dicari FPB dan KPK nya pada kotak bilangan, kemudian tempelkan pada bagian paling atas papan magic box. Bilangan prima yang akan ditempelkan pada sisi kiri papan atau pembagi bilangan yang akan dicari adalah berurutan mulai dari 2, 3, 5 dan seterusnya. Lakukanlah pembagian bilangan. Apabila saat pembagian ada bilangan yang tidak bisa dibagi, maka dikosongkan. Lakukan pembagian hingga habis. Untuk menentukan KPK, yaitu mengalikan semua bilangan yang ada di sebelah kiri. Untuk mencari FPB, yaitu dengan mengalikan semua bilangan prima yang dapat membagi kedua bilangan yang akan dicari tadi.

Baca juga:  Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Penggunaan media magic box yang telah diterapkan di Kelas 4 SD Negeri Bango 1, Kec. Demak, Kab. Demak dengan materi KPK dan FPB dirasa sangat efektif dan menyenangkan. Melalui penggunaan media magic box, didapatkan fakta bahwa antusias siswa mengikuti pembelajaran matematika meningkat. Dengan meningkatnya antusias siswa, maka berpengaruh terhadap hasil belajar matematika, khususnya materi KPK dan FPB. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media magic box dapat melejitkan hasil belajar siswa kelas 4 secara klasikal. (*)