Capai 10 Ton Sehari, Begini Cara Pemkab Kudus Atasi Persoaalan Sampah

KELOLA: Para pekerja di Pusat Daur Ulang (PDU) yang berada di Selatan Pasar Baru Kudus saat melakukan daur ulang sampah yang ada di Kudus pada Selasa, 23/08/22. (HUMAS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus saat ini tengah gencar mengelola sampah guna menjaga kebersihan lingkungan. Melalui Pusat Daur Ulang (PDU) yang dimiliki, Pemkab Kudus bisa mengelola 10 ton sampah setiap harinya.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas PKPLH Kudus, Abdul Halil. PDU di Kudus tidak hanya mengelola permasalahan sampah yang ada di Kota Kudus, tetapi juga memanfaatkannya untuk pemberdayaan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Selamat Idulfitri 2024

“Kami memproses sampah menjadi kompos sekitar 36 hari. Biasanya komposnya untuk pemupukan di RTH Kudus,” terangnya.

Baca juga:  Dosen UMK Bincang Suasana Ramadan di UMK dan Luar Negeri

Bupati Kudus, H.M. Hartopo saat mengunjungi PDU yang berlokasi di Selatan Pasar Baru Kudus juga mengungkapkan, pengelolaan sampah di Kudus, terutama sampah organik dapat memberikan peluang ekonomi tersendiri.

“Kami berupaya menyelesaikan masalah sampah di Kabupaten Kudus dengan melaksanakan daur ulang sampah. Selanjutnya diolah menjadi produk yang punya nilai jual,” ungkapnya, Selasa (23/8).

Bupati Kudus, H.M. Hartopo saat mengunjungi Pusat Daur Ulang (PDU) Kudus pada Selasa, 23/08/22. (HUMAS/JOGLO JATENG)

Hartopo mengungkapkan saat ini daur ulang sampah juga sudah berkolaborasi dengan stakeholder yang lain. Salah satunya PT. Djarum. Dirinya menjelaskan sampah yang telah diolah beberapa disetorkan ke PT. Djarum untuk diolah lebih lanjut.

Baca juga:  Bakesbangpol Kudus Gencar Sisir Ormas yang Kadaluarsa

“Kami berusaha mengelola sampah dari hulu ke hilir. Kami juga berkolaborasi dengan stakeholder lainnya,” paparnya.

Pemkab Kudus melalui Dinas PKPLH akan terus mengembangkan inovasi sehingga pengelolaan sampah benar-benar optimal. Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni juga sedang disiapkan.

“Nanti akan kami lengkapi SDM yang ahli di bidangnya,” ucapnya. (hms/mg2)