Mudah Memahami Jenis dan Besar Sudut dengan Mejadut

Oleh: Titis Widiastuti, S.Pd
Guru SDN Bango 2, Kec. Demak, Kab. Demak

JENIS dan besar sudut merupakan salah satu materi matematika di kelas 3 sekolah dasar (SD). Matematika merupakan salah muatan pelajaran yang kurang diminati siswa akibat dianggap terlalu rumit dan sulit untuk dimengerti. Begitu pula kondisi yang terjadi di kelas 3 SD Negeri Bango 2, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak. Siswa mengalami kesulitan dalam menentukan sudut dari suatu benda atau bangun, serta kesulitan mengukur besar sudut. Siswa kesulitan membedakan jenis-jenis sudut dan kesulitan memecahkan masalah yang berhubungan dengan sudut dalam kehidupan sehari-hari.

Selamat Idulfitri 2024

Hal di atas dapat terjadi karena proses belajar mengajar masih menggunakan metode teacher centered, sehingga siswa pasif dan merasa bosan terhadap pelajaran matematika. Guru jarang menggunakan media pembelajaran yang seharusnya melibatkan siswa dalam penggunaannya. Serta adanya keterbatasan media membuat guru kesulitan menjelaskan materi tertentu. Melihat kondisi tersebut, guru berupaya menciptakan suatu inovasi dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika materi jenis dan besar sudut menggunakan Mejadut (Media Jam Sudut).

Baca juga:  Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Menyekolahkan Anak

Media pembelajaran berfungsi untuk menarik perhatian siswa, memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam suatu gambar/media, serta membantu siswa yang lemah dan lambat menerima maupun memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau disajikan secara verbal saja. Dengan melihat dan dapat berinteraksi langsung dengan materi yang sedang dipelajari, dapat menjadikan siswa mampu memahami materi lebih cepat dan lebih baik. Lain halnya jika siswa hanya mendapatkan penjelasan dari guru yang hanya menggunakan media ceramah, karena siswa akan sulit menerima materi yang disampaikan. Siswa justru merasa bosan dan tidak tertarik pada pembelajaran yang sedang berlangsung.

Baca juga:  Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Media jam sudut adalah jam yang terbuat dari tripleks, di mana jam tersebut terdiri dari dua lingkaran dengan besar, salah satunya lebih besar dari lingkaran yang lainnya. Lingkaran yang lebih besar berisi besar sudut dan lingkaran yang lebih kecil berisikan angka yang terdapat pada jam. Selain itu, terdapat lingkaran tengah terkecil yang mempunyai dua warna berbeda, untuk menjelaskan bahwa setiap warna yang ada menunjukkan besar sudut 30º. Media jam sudut digunakan untuk siswa kelas 3 di SD Negeri Bango, sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi macam-macam sudut, ukuran sudut, dan cara menggambar suatu sudut dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Pemilihan alat peraga media jam sudut ini dapat mempengaruhi pencapaian tujuan pengajaran yang akan dicapai.

Media jam sudut ini digunakan guru dalam menjelaskan macam-macam sudut, besarnya sudut dan cara melukiskan suatu sudut. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada siswa dengan mengaitkan pelajaran mengenai sudut dengan kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, penulis mengaitkan pembelajaran sudut yang dimaksud dengan jam dinding.

Baca juga:  Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Menyekolahkan Anak

Pembelajaran dengan menggunakan media jam sudut nyatanya dapat meningkatkan pemahaman siswa, sehingga hasil belajar siswa di kelas 3 SD Negeri Bango 2, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak juga meningkat, dikarenakan siswa bukan hanya mengingat konsep tetapi juga mendapatkan pengetahuan hasil pengalamannya dalam menemukan sendiri yang dapat bermanfaat untuk pembelajaran selanjutnya dan bagi kehidupannya sehari-hari. Dengan demikian, media jam sudut menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika, khususnya pada materi jenis dan besar sudut. (*)