Pemprov Jateng Bangun Hetero Space Banyumas

SUASANA: Acara Kick Off dan Doa Bersama dalam rangka pembangunan “Hetero Space Banyumas” di Gedung Eks Bakorwil III Banyumas-Pekalongan, Purwokerto, Selasa (23/8). (ANTARA/JOGLO JATENG)

PURWOKERTO, Joglo Jateng – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) akan segera membangun “Hetero Space Banyumas”. Rencananya coworking space Jateng ketiga tersebut akan menempati gedung eks Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III Banyumas-Pekalongan di Jalan Gatot Subroto Nomor 75 Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Jateng, Ema Rachmawati mengatakan,  Hetero Space Banyumas akan diresmikan oleh Gubernur Jateng pada pertengahan Desember 2022. Hetero Space Banyumas nantinya akan terdiri atas berbagai ruangan dengan berbagai fungsi berbeda.

“Rencananya akan ada event space indoor, event space outdoor, dua ruang coworking space, tiga ruang pertemuan (meeting room), ruang khusus (private room), refreshing room, front desk, team space, maker space packaging. Ada juga galeri UMKM, studio, dan sebagainya,” ujarnya, Rabu (24/8).

Baca juga:  Pemprov Jateng Kejar Target Pengentasan Kemiskinan Ekstrem 0%

Pembangunan “Hetero Space Banyumas” tersebut memiliki alasan karena suksesnya pengoperasian coworking space yang pertama di Kota Semarang. Kemudian disusul yang kedua di Kota Surakarta dalam mengakomodasi startup digital dan UMKM Jawa Tengah untuk mengembangkan usahanya meskipun di era pandemi Covid-19.

“Hal ini terbukti dengan bergabungnya startup digital sebanyak 12.908 member selama 2020 serta terlaksana program kompetisi bisnis yang diinisiasi oleh Gubernur Jawa Tengah berkolaborasi dengan ‘Sampoerna untuk Indonesia’, yaitu Hetero for Startup Season 1 dan 2,” katanya.

Dengan adanya “Hetero Space Banyumas”, diharapkan banyak anak-anak muda dan industri kreatif serta UMKM di wilayah eks Keresidenan Banyumas yang bakal menggunakan fasilitas untuk menuangkan ide-ide, gagasan, pemikiran utamanya dalam menjawab tantangan, dan permasalahan lokal wilayah setempat. Sehingga mampu mengangkat dan memajukan daerahnya. (ara/abd)