“Noun Phrase” Membantu Mempermudah Siswa dalam Menulis Text Descriptive

Oleh: Warningsih
Guru SMPN 3 Petarukan, Kabupaten Pemalang

MENULIS text descriptive di semester II materi Bahasa Inggris berkaitan dengan present tense. Kali ini penulis ingin mengajak siswa kelas 8 belajar menulis text sederhana. Sebagai panduan, ada pada kompetensi dasar yaitu: KD 3.2 menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin dan merupakan kebenaran umum, sesuai dengan penggunaannya (perhatikan unsur kebahasaan simple present tense).

Selamat Idulfitri 2024

Sesuai KD di atas yang menjelaskan simple present tense, kita ingin mengambil tema writing (menulis) text sederhana yaitu  menulis text descriptive dengan menggunakan pattern present tense. Tentunya bukan pola kalimat yang dibahas tetapi kalimat sederhana yang berpola noun phrase.

Sesuai dengan konteksnya, descriptive adalah text yang menjelaskan gambaran umum tentang sesuatu, tentang hewan, benda, manusia atau suatu tempat. Dalam text descriptive ada beberapa unsur kebahasaan yang perlu siswa tahu. Unsur itu sebagai penjelas agar runtut dalam penerapan sebagai karangan, yaitu identification dan description. Di dalam description ada beberapa komponen kata yaitu kata kerja, kata sifat, dan kata benda. Juga meliputi bentuk, jumlah, sifat, dan lain-lain.

Baca juga:  Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Menyekolahkan Anak

Di sini, kita akan belajar tentang noun phrase (kelompok kata), maka kita akan belajar strukturnya. Noun phrase adalah kelompok kata, yang terdiri dari kata noun dan phrase. Noun merupakan kata benda tunggal, noun phrase merupakan sebuah kata kelompok yang berasal dari beberapa gabungan kata bisa dua atau lebih yang membentuk satu kesatuan. Pada noun phrase, ada kata sifat (adjective) yang hampir selalu mengikuti. Adjective akan memperjelas makna noun pada kata dasarnya.

Karena pembelajaran ini untuk tingkat SMP, kita kenalkan dua jenis saja. Pertama dengan menggunakan noun+noun. Phrase ini terdiri dari kata benda dengan kata benda. Kedua adalah adjective+noun, yaitu kata sifat dengan kata benda. Kedua model kita terapkan di text descriptive, terutama pada paragraf pengembangan yaitu pada deskripsinya.

Baca juga:  Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Materi noun phrase kita terapkan pada paragraf kedua di description, di mana paragraf ini banyak menggunakan kata sifat dan kata benda. Untuk menjelaskan hal ini, kita ambil dari fungsi subject. Subject adalah kata di awal kalimat. Kalimat sendiri terdiri dari subject, predikat dan object. Object yang menjelaskan text ini bisa menggunakan noun phrase. Gunakan kalimat yang sesuai dengan maknanya. Biasanya dengan kumpulan kata (words) yang akan membentuk kalimat atau frasa. Lalu ada juga anak kalimat (klausa) dan yang lebih kompleks adalah kalimat.

Noun phrase terdiri dari kata sifat dan kata benda. Sebagai contoh beautiful girls, old man, big house dan sebagainya. Kata beautiful, old dan big adalah kata adjective, sedang girls, man dan house adalah kata benda. Jadi gabungan dua kata di atas yaitu kata sifat (adjective)+benda (noun) = noun phrase.

Kebanyakan noun phrase kita temui dalam text descriptive. Noun phrase ini digunakan ketika sebuah kata benda dirasa kurang spesifik dalam menggambarkan sebuah kata benda. Dengan memperhatikan pola kalimat noun phrase, ini sangat membatu mempermudah siswa belajar membuat kalimat sederhana.

Baca juga:  Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Menyekolahkan Anak

Pada text descriptive yang merupakan pola kalimatnya banyak menggunakan noun phrase. Ini contoh mudah membuat noun phrase: A poor man. (Seorang pria miskin) –> “man” di sini adalah kata benda yang dimodifikasi oleh artikel “a” dan kata sifat “poor”. The boxer. (Sang petinju) –> “boxer” adalah kata benda yang dimodifikasi oleh artikel “thenoun phrase yang terdiri tiga kata (the fat short girl) –> “girl” adalah kata benda yang dimodifikasi oleh dua adjective. Jika kalian masih ingin menulis noun phrase lebih banyak, kalian boleh belajar lewat google agar lebih cerdas lagi. (*)