Pulihkan Ekonomi, Bank Jateng Cilacap Serahkan Bantuan Rp 585 Juta

TERIMA: Pimpinan Bank Jateng KC Cilacap, Bangun Edi Sumirat ketika menyerahkan bantuan dana pemulihan ekonomi untuk masyarakat kepada BUpati CIlacap, Tatto Suwarto Pamuji pada Senin, 29/08/22. (HUMAS/JOGLO JATENG)

CILACAP, Joglo Jateng – Dalam rangka program pemulihan ekonomi daerah, Bank Jateng Kantor Cabang Cilacap memberikan bantuan UMKM. Bantuan senilai Rp 585.000.000 tersebut diserahkan langsung oleh Pimpinan Bank Jateng KC Cilacap, Bangun Edi Sumirat kepada Bupati Tatto Suwarto Pamuji.

“Dana pemulihan ekonomi daerah (PED) ini memang diberikan Bank Jateng untuk membantu pemulihan ekonomi pasca Covid-19. Jadi membantu UMKM supaya bisa bergairah lagi. Nanti dikelola dinas berdasarkan instruksi dari Bupati”, ungkapnya, Senin (29/8).

Selamat Idulfitri 2024

Bangun menambahkan, Bank Jateng berkomitmen untuk berperan serta dalam penguatan ekonomi masyarakat Kabupaten Cilacap. Dengan bantuan ini, diharapkan sektor UMKM di Kabupaten Cilacap dapat bangkit dan mendukung pemulihan ekonomi nasional agar berjalan dengan baik.

Bupati Tatto Suwarto Pamuji mengapresiasi komitmen tersebut. Melalui sinergitas ini, diharapkan ada akselerasi terhadap berbagai program yang dilaksanakan Pemkab Cilacap dalam pemulihan ekonomi masyarakat.

“Pemkab Cilacap sudah berupaya bagaimana ekonomi Cilacap tumbuh kembali. Terutama UMKM ini sangat membutuhkan bantuan,” jelasnya.

Atas nama pribadi dan Pemkab Cilacap, Tatto menyampaikan terimakasih kepada Bank Jateng atas kepeduliannnya terhadap UMKM di Kabupaten Cilacap. Diharapkan para penerima bantuan ini tidak hanya sekedar membutuhkan, tetapi juga mau bekerja bersungguh-sungguh.

“Pak Umar (Kepala DPKUKM Cilacap-red), nanti yang menerima bantuan tidak hanya sekedar butuh saja, tetapi juga mau bekerja. Laporkan hasilnya agar Bank Jateng juga mengevaluasi. Kalau ini sukses, nanti akan ada lagi program serupa,” tuturnya.

Tatto menambahkan, sejauh ini peran swasta dalam mendukung pemulihan ekonomi daerah cukup baik. Tidak hanya melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL). Beberapa di antaranya bahkan menjadi mitra untuk mendorong kemajuan UMKM.

“Jadi, mengelola potensi yang ada di Cilacap. Apa yang bisa dikerjasamakan dengan UKM”, tandasnya. (hms/mg2)