Melejitkan Hasil Belajar Materi Perkalian dan Pembagian dengan Media Papan Musi

Oleh: Nurul Chikmah, S.Pd.SD.M.Pd
Guru Kelas SD Negeri Merak 1, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak

MATEMATIKA merupakan pelajaran yang realistis dan selalu terhubung dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu kita perlu belajar matematika sejak dini. Agar realistis, pembelajaran matematika sekolah dasar hendaknya dimulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Oleh karena itu, guru hendaknya mempunyai kesempatan untuk memilih metode dan media yang sesuai dengan materi pelajaran agar dapat meningkatkan minat belajar yang diharapkan.

Hal itu sejalan dengan pendapat Oemar Hamalik (2001) mengatakan bahwa : ”Pemilihan serta penguasaan metode mengajar oleh seorang guru memegang peranan yang sangat penting yang akan menentukan sukses atau tidaknya suatu pembelajaran. Media hendaknya menggunakan bahan sederhana yang dikenal siswa, sehingga konsep yang ditanamkan akan mudah dipahami oleh siswa”.

Namun kenyataannya di kelas III SD Negeri Merak 1 Kecamatan Dempet belum ada media yang digunakan untuk membantu siswa dalam pembelajaran perkalian dan pembagian. Berdasarkan permasalahan di atas, penulis menggunakan media dan bahan ajar Papan Musi untuk merangsang minat belajar, merangsang pemahaman, dan meningkatkan kinerja belajar siswa dalam melakukan perhitungan perkalian dan pembagian. Fungsi dari alat edukasi ini adalah untuk menyederhanakan atau memperbarui format perkalian dan pembagian dalam bentuk aslinya.

Media Papan Musi adalah media yang dibuat dan dirancang oleh guru atau penulis untuk membantu guru menjelaskan materi kepada siswa serta meningkatkan motivasi, semangat, dan minat belajar. Papan musi atau papan multifungsi merupakan alat peraga yang dirancang dan dimodifikasi sendiri oleh penulis. Papan musi yang digunakan dalam penulisan ini berfungsi sebagai media penyederhanaan dan pemutakhiran bentuk-bentuk perkalian dan pembagian yang sebenarnya agar siswa tidak menganggap perkalian dan pembagian sebagai sesuatu yang abstrak. Dipilihnya papan musi karena bahannya mudah didapat dan bisa dibuat sendiri serta dipraktikkan di rumah.

Berdasarkan pengamatan penulis dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Papan Musi terbukti efektif dalam melejitkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Merak 1 Kecamatan Dempet pada materi perkalian dan pembagian.(*)