Demak  

Permainan Tradisional Meriahkan Tembiring Creative Fun

TAMPILKAN: Pentas seni dalam Semarak Tembiring Creative Fun di Panggung Kesenian Lapangan Tembiring, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

DEMAK, Joglo Jateng – Semarak Tembiring Creative Fun yang digelar di Panggung Kesenian Lapangan Tembiring, belum lama ini, dimeriahkan berbagai grup seni dan komunitas. Mereka menampilkan berbagai kesenian dan permainan yang menarik. Seperti penampilan dari Dejaco (Demak Jaipong Community), Senam Funky, serta Komunitas Dolaget (Dolanan Lali Gadget) yang diiringi alat musik tradional angklung dan jaranan.

Peserta olah jasmani senam diikuti 690 orang,  terdiri dari  siswa-siswi SMA se -Kabupaten Demak dan warga masyarakarat. Permainan menarik ditampilkan Komunitas Dolaget seperti bermain estafet boneka, bermain enggrang, holahop dan menari bersama.

Baca juga:  Babinsa Koramil 13 Karangawen Monitoring Banjir Akibat Hujan Deras

Pembukaan acara dilakukan oleh Bupati Demak Eisti’anah ditandai dengan pelepasan balon. Dalam kesempatan tersebut, Bupati didampingi Plt Kepala Dinas Pariwisata Endah Cahya Rini dan pimpinan perangkat daerah lainya.

Bupati Eisti’anah menyampaikan, kegiatan ini merupakan suatu inovasi dari Dinas Pariwisata. Semoga nantinya bisa berkolaborasi, bersinergi dengan dinas-dinas lain untuk kedepannya. “Mungkin nanti dapat bekerjasama dengan para UMKM kita dari Dindagkop UMKM, dari Dinas Pertanian, bisa membuat dan membantu sarpras disini untuk meramaikan.” kata Eisti, sapaannya.

Dengan adanya kegiatan ini, Eisti berharap agar dapat meningkatkan kreativitas di Demak. Selain itu, juga mampu menggairahkan sektor pariwisata.

Baca juga:  Kenang Peristiwa Isra Mikraj, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Pengajian Bersama Warga

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Endah Cahya Rini menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan adanya gedung kesenian yang ada di Tembiring Jogo Indah serta mengembangkan kreativitas masyarakat Demak.

“Selain memanfaatkan adanya gedung kesenian untuk dimanfaatkan oleh penampilan seni, saya harapkan ini juga dapat bermanfaat untuk pegiat ekonomi agar lapak-lapak yang ada di lokasi ini dapat dimanfaatkan dan dapat berkolaborasi untuk memasarkan produk dagangannya,” ucapnya. (hms/gih)