Peningkatan Vocabulary melalui Lirik Lagu

Oleh: Sri Trisnanik, S.Pd., M.Pd.
Guru MTs Negeri 2 Demak, Kabupaten Demak

BAHASA Inggris adalah salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit bagi sebagian besar siswa. Hal ini dirasa wajar, karena bahasa Inggris bukan bahasa ibu yang biasa digunakan sehari-hari, melainkan bahasa asing (foreign language).

Selamat Idulfitri 2024

Berdasarkan observasi guru, siswa merasa kesulitan karena tidak mengetahui arti kata dalam bahasa Inggris. Untuk mempermudah siswa belajar menghafal arti dalam bahasa Inggris, perlu dihadirkan media yang lebih efektif. Metode pembelajaran membaca buku saja dirasa kurang maksimal untuk meningkatkan penguasaan kosa kata.

Dananjaya (2012: 35) berpendapat, media disediakan guru agar murid melakukan aktivitas interaktif yang menyenangkan dan menantang potensi siswa. Salah satu alternatif untuk meningkatkan penguasaan vocabulary siswa adalah melalui sarana lagu sebagai media pembelajaran.

Baca juga:  Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Lagu merupakan salah satu cara mengekspresikan perasaan oleh seseorang. Hampir semua kalangan menyukai media lagu dalam menyampaikan perasaannya, tak terkecuali siswa pada tingkat SMP/MTs. Ketika seseorang menyukai suatu hal, mereka akan lebih mudah mengingat. Dengan media lagu yang digunakan dalam proses pembelajaran, diharapkan dapat mempermudah siswa belajar materi yang dipelajari. Khususnya materi penguasaan vocabulary.

Bentuk inovasi yang digunakan pada media pembelajaran adalah berupa lagu. Lirik yang terdapat pada lagu disesuaikan dengan materi yang akan dipelajari. Siswa diberi kebebasan dalam memilih lagu yang akan digunakan untuk menghafal kosa kata. Siswa akan merasa dengan menggunakan media lagu, anak akan lebih tertarik untuk belajar, karena metode pembelajaran akan lebih menyenangkan. Selain menyenangkan, dapat melatih kreativitas siswa. Sehingga penguasaan kosa kata yang dimiliki siswa semakin bertambah.

Baca juga:  Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Menyekolahkan Anak

Tidak hanya menghafal kosa kata, siswa juga dapat belajar melafalkan artikulasi kata tersebut dengan jelas. Pengucapan lafal dalam bahasa Inggris tidak selalu sama dengan tulisannya, sehingga agar bisa menguasai, siswa perlu menyanyikan kosa kata tersebut secara berulang-ulang.

Selain itu, siswa dapat lebih mudah menghafal arti kata. Guru sebagai pembimbing dapat memilih lagu untuk mempelajari materi yang disampaikan. Misalnya, materi vocabulary jenis benda. Siswa dapat menyebutkan nama-nama benda yang dibuat lagu. Dengan demikian, siswa akan lebih mudah mengingat kosa kata tersebut.

Baca juga:  Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Menyekolahkan Anak

Jadi, untuk meningkatkan penguasaan vocabulary, guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam memilih media pembelajaran. Adanya media lagu tersebut, siswa dapat lebih mudah menghafal kosa kata dalam bahasa Inggris. Hal tersebut dikarenakan siswa merasa senang dalam belajar, sehingga materi tersebut tidak terasa sulit dan dapat tersampaikan kepada siswa.

Dampak positif dari penggunaan media tersebut akan menunjang keberhasilan dalam proses belajar-mengajar. Hal ini juga dapat meningkatkan kreativitas siswa. Siswa dapat menggunakan berbagai lagu yang diinginkan untuk menghafal vocabulary. (*)