Pupuk Gotong Royong lewat Hias Tumpeng

  • Bagikan
KOMPAK: Para siswi SDN Rejowinangun I sedang menata hiasan untuk tumpeng yang akan disajikan, belum lama ini. (CINDY LASIONA/JOGLO JATENG)

KOTA, Joglo Jogja – Kebiasaan gotong royong dan kebersamaan memang harus ditanamkan sejak dini. Oleh karena itu, SD Negeri Rejowinangun I mengadakan kegiatan menghias tumpeng sebagai salah satu ajang untuk melatih kebersamaan dan gotong royong siswa.

Kepala sekolah SDN Rejowinangun I, Sri Kuswandani mengatakan, lomba menghias tumpeng ini sebagai salah satu rangkaian acara Hari Ulang Tahun SDN Rejowinangun I. Lomba ini dilaksanakan oleh perwakilan siswa dari kelas 1 sampai 6.

“Ulang tahun sekolah kami jatuh di tanggal 18 September. Namun, karena itu hari Ahad, maka kami laksanakan rangkaian kegiatan yang salah satunya menghias tumpeng ini di hari selanjutnya,” ujarnya belum lama ini.

Menurutnya, lomba menghias tumpeng ini mampu melatih dan memupuk siswa dalam hal kerja sama. Apalagi menghias tumpeng ini butuh ketelitian dan kesabaran. Sehingga mampu mendidik siswa untuk bersabar.

Baca juga:  Lindungi Peserta Didik dari Kekerasan Seksual

“Antusiasme dari murid dan wali murid sangat baik. Bisa kita lihat wali murid semangat sekali dalam menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan dalam menghias tumpeng. Begitu juga murid-murid sangat senang dalam mengikuti kegiatan ini,” paparnya.

Dia mengungkapkan, kegiatan ini adalah kali pertama setelah vakum dua tahun karena pandemi. Sehingga warga sekolah sangat menanti dalam menyambut rangkaian kegiatan ulang tahun sekolah ini.

“Harapan saya semoga saja dengan program ini, siswa bisa makin dekat dengan sesama, memupuk rasa sabar. Tidak lupa juga semakin mempererat kerukunan antara siswa dengan guru maupun orang tua,” tandasnya.(mg1/ziz)

  • Bagikan