Bekali PIESQ, Harap Mahasiswa Berkarakter Unggul

  • Bagikan
FOKUS: Mahasiswa baru saat mengikuti Pembekalan PIESQ di Kampus UPGRIS, Rabu (21/9). (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Mahasiswa baru Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), dibekali pelatihan berbasis Physical, Intellectual, Emotional, Spriritual Quotient (PIESQ). Diharapkan dari kegiatan ini, mahasiswa memiliki karakter yang unggul.

Rektor UPGRIS, Sri Suciati mengatakan, pembekalan tersebut, dilaksanakan selama dua hari, mulai Rabu (21/09) hingga Kamis, (22/09). Yang mana, hal itu bertujuan untuk memperkuat fisik, intelektual, emosional, dan spiritual mahasiswa.

“Pembekalan ini rutin tiap tahun, khususnya kepada mahasiswa baru selama masa orientasi. Tujuannya agar karakter dan mental mereka terbentuk, sehingga bisa tuntas dalam melaksanakan studi,” ucapnya Rabu (21/9).

Menurutnya, konsep pelatihan berbasis PIESQ ini, memungkinkan mahasiswa bisa mengambil banyak hikmah atau pelajaran. Selain terkait kecerdasan fisik dan intelektual, juga terpenting untuk pembentukan spiritual yang kuat.

“Kami memang membekali mahasiswa ketika pertama masuk perkuliahan dengan PIESQ. Sebuah pelatihan untuk mengembangkan tidak hanya kecerdasan fisik dan intelektual, tapi juga spiritual,” imbuhnya.

Baca juga:  Rencana Penutupan Jalan di Kota Semarang Ditunda

Melalui pelatihan ini, pihaknya ingin potensi mahasiswa bisa tumbuh dan berkembang. Mental mahasiswa juga terbentuk, sehingga siap menghadapi berbagai kendala atau rintangan selama menjalani pembelajaran di UPGRIS.

Sementara itu, lanjutnya, tahun ini pihaknya menerima sebanyak kurang lebih 4 ribu mahasiswa dari berbagai program studi dan jenjang pendidikan.

“Kami juga memberikan beasiswa jumlahnya 196. Yaitu berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah, berasal dari pemerintah yang dipercayakan kepada kami. Mahasiswa gratis kuliah penuh sampai delapan semester, dan masih mendapatkan uang hidup atau bulanan,” terangnya.

Adapun berdasarkan Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa), perguruan tinggi ini menduduki peringkat 21 universitas tingkat nasional untuk semua kategori.

“Untuk kategori Liga 2, UPGRIS menduduki peringkat 11 tingkat nasional. Liga 2 merupakan sebutan untuk klasifikasi perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa antara 5.000 hingga 18.000,” jelasnya.(hms/mg3/ziz)

  • Bagikan