Distribusi Set Top Box Gratis Kecualikan Blank Spot Area

  • Bagikan
Kabid Komunikasi Diskominfo Jepara, Muslichan. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jepara siap mendistribusikan Set Top Box (STB) gratis kepada masyarakat Jepara. Namun kawasan blank spot area dikecualikan dari distribusi tersebut.

Ditargetkan sebelum 2 November 2022, masyarakat Jepara sudah menggunakan perangkat STB. Hal itu sebagai simbol ‘selamat tinggal’ TV analog dan ‘selamat datang’ TV digital.

Kepala Dinas Kominfo Arif Darmawan yang diwakilkan Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi, Muslichan mengatakan, pihaknya akan menghindari kawasan tidak ramah sinyal (blank spot area). Sebab, merupakan sebuah kesia-siaan apabila membagikan di kawasan blank spot. Karena tidak ada sinyal, manfaat TV digital akan dipertanyakan.

“Terdapat beberapa lokasi yang dihindari pendistribusian STB, yakni kawasan blank spot area atau daerah yang tidak ada sinyal digital. Jika tidak ada sinyal, maka tidak akan masuk ke TV. Sehingga buat apa, kan seperti itu,” papar Muslichan saat ditemui Joglo Jateng, Rabu (21/9).

Baca juga:  Dewan Sayangkan Kualitas Pelayanan RS Kartini Buruk

Untuk mengetahui blank spot area, pihaknya bekerjasama dengan kecamatan supaya mengecek lalu lalang sinyal digital di kawasannya. Kemudian pihak camat melaporkan ke Diskominfo. “Saat ini yang telah melaporkan baru tiga kecamatan, dan sudah dikoordinasi lewat grup yang berkomposisi OPD dan camat sekabupaten Jepara,” lanjutnya.

Sementara itu, ia mengatakan, terdapat sekitar 4.000-an STB yang akan didistribusikan dengan klasifikasi standar pemerintah pusat. Hanya saja ditambah dengan menghindari blank spot area.

“Tinggal menunggu perbup. Porsi 10 – 15 persen dari total masyarakat miskin di Jepara. Perlu selektif, karena pembagian mengecualikan blank spot area. Target sebelum 2 November rampung,” ucapnya. (cr2/gih)

  • Bagikan