Rupbasan Kabupaten Purbalingga Gelar Kolaborasi Musik RnB dengan Wayang Golek

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnakertrans Jateng, Masduqi. (LU'LUIL MAKNUN/JOGLO JATENG)

PURBALINGGA, Joglo Jateng – Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kabupaten Purbalingga menggelar sebuah pertunjukan seni musik Rebana dan Bedug (RnB) yang dikolaborasikan dengan pertunjukan wayang golek. Kolaborasi seni dalam rangka melestarikan budaya lokal tersebut digelar di ruang penyimpanan Rupbasan Purbalingga, Kamis (22/9).

Pemain musik RnB pada pagelaran tersebut merupakan pegawai Rupbasan yang mengiringi pertunjukan wayang golek. Sedangkan budayawan ternama, Ki Kusno menjadi dalang wayang golek yang berkisah tentang lakon sang Adipati Umar Maya berjudul “Gudang Pusaka Adipati Umar Maya”.

Selamat Idulfitri 2024

Kepala Rupbasan Purbalingga, Tri Agung Arianto mengatakan, selain mendukung kebudayaan, adanya pertunjukan wayang golek kali ini sekaligus menjadi media sosialisasi tentang apa saja yang menjadi tugas pokok dan fungsi Rupbasan kepada masyarakat.

“Kami berinisiasi untuk ikut nguri-uri budaya bangsa. Dalam menyukseskan program-program pemerintah, kami pun merasa perlu untuk berkomunikasi dengan masyarakat. Oleh sebab itu, kami bergandengan tangan dengan para stakeholder, khususnya para pelaku seni,” ujar Agung, Kamis (22/9).

Sementara itu, Kabid Pembina Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purbalingga, Wasis Andri Wibowo mengapresiasi suksesnya pagelaran tersebut. Ia mengatakan, hadirnya inisiasi dan kolaborasi yang dilakukan oleh Rupbasan dalam bidang kebudayaan juga perlu mendapatkan perhatian dan dukungan dari instansi dinas yang lain.

Dengan demikian, terbentuklah sinergi dalam pelestarian budaya tradisional Indonesia, khususnya budaya Jawa. “Kami harap animo masyarakat terhadap pelestarian warisan kebudayaan bisa terus meningkat. Mudah-mudahan masyarakat semakin cinta budaya, sebab kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menyayangi dan melestarikan budaya adiluhung yang kita miliki,” pungkasnya. (hms/abd)