SMKN 1 Sewon Efektifkan Perekaman KTP-Elektronik

  • Bagikan
SIMBOLIS: Kepala Disdukcapil Bantul, Bambang Purwadi menyerahkan KTP-El kepada salah satu siswa di SMKN 1 Sewon, Bantul, beberapa waktu lalu. (ERNA SARI SUSANTI/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sewon melakukan perekaman KTP-Elektronik pada siswa/siswinya. Hal ini untuk mempercepat program KTP-El yang dicanangkan pemerintah.

Kepala Sekolah SMKN 1 Sewon, Widada mengatakan bahwa program tersebut telah selesai dilakukan. Bahkan, yang mengikuti program ada ribuah siswa. “Perekaman (KTP-El) sudah semua. Total 2.245 siswa,” ungkapnya, belum lama ini.

Ia menjelaskan, perekaman dilakukan secara periodik. Di mana setiap siswa melakukannya sekaligus ketika vaksinasi Covid-19 untuk pelajar. “Ada perekaman dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil),” imbuhnya.

Selain itu, Widada melanjutkan, sekolahnya mendapatkan tambahan 746 siswa/siswi baru. Rata-rata umur mereka di bawah umur 17 tahun. Untuk itu, pihak sekolah melakukan perekaman sekaligus untuk keperluan identitas sekolah.

Baca juga:  Persiapkan Generasi Muda Wujudkan Indonesia Emas

“Sehingga ini juga dilakukan perekaman untuk Kartu Identitas Anak (KIA),” ucapnya.

Menurutnya, kesuksesan pelaksanaan program tersebut tidak lepas dari usaha Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dikcapil). Mereka melakukan usaha menjemput bola. Sehingga anak-anak yang belum memiliki KTP atau KIA bisa terfasilitasi.

“Jadi yang sudah terekam ketika belum 17 tahun dapat langsung mengambilnya kalau sudah memenuhi syarat,” jelasnya. (ers/mg2)

  • Bagikan