Sosialisasi Alat Penghemat BBM Kepada Usaha Bengkel

  • Bagikan
INOVASI: Tim pengabdian masyarakat Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Dan Program Studi Pendidikan Ekonomi, mensosialisaikan alat penghemat bahan bakar kendaraan di salah satu bengkel di Kudus, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Tim pengabdian masyarakat Universitas Ivet laksanakan sosialisasi pemasangan alat penghemat bahan bakar kendaraan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan usaha bengkel kendaraan bermotor dengan pelatihan pemasangan alat penghemat bahan bakar.

Sena Mahendra selaku ketua pengabdian masyarakat mengatakan, melalui program kemitraan ini harapannya bisa membantu meningkatkan ekonomi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Khususnya pada usaha bengkel kendaraan bermotor di Desa Kajeksan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.

“Sebelumnya mitra akan dilatih dulu untuk membuat alat penghemat bahan bakar. Setelah itu mitra dilatih juga pemasangan alat penghemat bahan bakar di motor dan mobil,” ungkapnya belum lama ini.

Lebih jauh, lanjutnya, di minggu selanjutnya pihaknya juga melatih mitra dengan sosialisasi website penjualan dan manajemen bengkel. Agar mitra juga bisa menjual hasil alat penghemat bahan bakar yang sudah mereka buat melalui online. Nantinya, mereka bisa mengelola keuangan bengkel dengan baik dan tepat.

Baca juga:  Ikuti Prosedur, Pemkab Kudus akan Lakukan Simulasi dan Mapping

Menurutnya, apabila dikelola dan dipasarkan dengan benar, alat penghemat bahan bakar ini nantinya bisa diterima oleh masyarakat. “Karena meningkatnya harga BBM saat ini, membuat masyarakat menjadi terbebani perekonomiannya,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, setiap minggu mitra usaha bengkel bisa membuat 50 alat penghemat bahan bakar yang nantinya bisa dipasarkan. Sehingga bengkel tidak hanya menjual jasa akan tetapi bisa mendapatkan income lain melalui penjualan alat penghemat bahan bakar ini.

Adapun dalam penelitian dan pengabdian tersebut ada 2 program studi yang mendapatkan hibah dan membuat program bersama. Di antaranya Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Dan Program Studi Pendidikan Ekonomi. Dan sebagai tim yang mendapatkan hibah di antaranya Dr. Sena Mahendra, ST, MT selaku ketua pengabdian, Fahmy Fatra, S.Pd, MT dan Drs. Kasidi, M.Pd sebagai anggota.(hms/mg3/ziz)

  • Bagikan