Disnakertrans Jateng Buka Lowongan Magang di Jepang, Baru 350 Orang yang Daftar

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnakertrans Jateng, Masduqi. (LU'LUIL MAKNUN/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Memfasilitasi pencari kerja di Jawa Tengah, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jateng membuka lowongan magang di Jepang dengan berbagai posisi. Kuota yang disediakanpun tidak sedikit, yakni sejumlah 700 orang.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnakertrans Jateng, Masduqi, menyampaikan bahwa saat ini jumlah pendaftar sudah 50% dari kuota yang tersedia. Ia mengatakan minat magang Jepang cukup tinggi sejak awal pembukaanya.

“Jadi kuotanya sampai saat ini kita baru masih kisaran 350 an. Jadi monggo yang mau mendaftar silahkan. Itu kita baru buka kuotanya masih banyak,” katanya, belum lama ini.

Baca juga:  Wali Kota Semarang Minta Dinkes Awasi Kesehatan Petugas Pemilu

Posisi yang disediakan cukup beragam, mulai dari pertanian, kesehatan, hingga elektronik. Para pencari kerja diberi kebebasan untuk memilih posisi pekerjaan sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Berkaitan dengan kemanan dan perlindungan tenaga kerja, Disnakertrans memastikan adanya jaminan akan kedua hal tersebut.

“Ada yang sektor agro ada manufaktur. Itu macam-macam. Jadi Indonesia Manpower itu kan kayak dia punya MoU dengan teman-teman di Jepang sana. Nanti ditempatkan dimana saja. Jadi sebelum mereka berangkat ke Jepang, si calon ini sudah tau nanti di perusahaan apa, berapa besar gajinya di sana, jadi sudah tahu. Jadi sebelum berangkat sudah teken kontrak dulu,” terang Masduqi.

Baca juga:  Angka Pernikahan di Semarang Cenderung Menurun

Adapun pendaftaran magang Jepang ini dibuka hingga tanggal 14 Oktober 2022 mendatang. Nantinya, akan dilaksanakan seleksi sebanyak 2 tahap dengan sistem gugur.

“Pendaftaran dilakukan secara langsung di Kantor Disnakertrans Jateng. Pendaftar diharuskan ber-KTP Jawa Tengah. Tidak mengenakan biaya apapun dalam proses pendaftaran. Namun, diperlukan biaya mandiri untuk proses seleksi nantinya,” ungkapnya.

Disamping membuka kesempatan magang Jepang, Disnakertrans juga membuka lowongan pemagangan dalam negeri. Nantinya 340 pendaftar yang lolos seleksi akan ditempatkan di sejumlah perusahaan dalam negeri, baik di sektor garmen, otomotif, perhotelan, hingga pijat refleksi. (luk/gih)