Perekonomian UMKM di Kudus Semakin Menggeliat

  • Bagikan
INOVATIF: Owner Sentral Perajin Goni dan Pandan Nuswantoro, Nunung Ervana tengah menata peci yang dibuatnya dari karung goni, beberapa waktu lalu. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Pasca pandemi Covid-19 dua tahun lalu, perekonomian di sektor UMKM kini mengalami kenaikan kembali. Hal ini salah satunya dampak dari banyaknya kelonggaran dan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah.

Salah satu pelaku UMKM, Nunung Ervana mengaku, usahanya kini kian meningkat, pasca mengalami penurunan selama pandemi. Salah satunya adanya upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus.

“Pemkab mendukung pergerakan maupun perekonomian para pelaku UMKM. Agar bangkit kembali dari keterpurukan selama pandemi Covid-19 lalu,” ucapnya.

Owner Sentral Perajin Goni dan Pandan Nuswantoro ini menyampaikan, banyaknya gelaran yang dilakukan pemerintah untuk menggandeng UMKM. Seperti mengadakan expo UMKM, menyediakan stand UMKM dalam acara, membuat event-event untuk menempatkan pelaku usaha dan sebagainya.

Baca juga:  Menilik Proses Pembuatan Gula Batu

“Selain itu, ada bantuan dan pelatihan juga yang diberikan kepada pelaku UMKM. Dampaknya positif sekali, untuk membangkitkan perekonomian,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kudus Safrul Kamaluddin mengatakan, para pelaku usaha saat ini tengah bangkit dan bergerak kembali. Pihaknya sendiri berupaya untuk merangkul UMKM agar mengalami kenaikan pendapatan.

“Sudah merangkak naik kembali. Apalagi teman-teman UMKM kebanyakan saat ini generasi milenial, kreativitas dan inovasi mereka sangat tinggi untuk menciptakan produk-produk baru,” ujarnya. (sam/fat)

  • Bagikan