Kontribusi Pembelajaran IPA Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Program kemitraan Masyarakat (PkM) dari Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). (HUMAS/JOGLO JATENG)

Joglo Jateng – Pendidik berhadapan dengan tantangan untuk menyiapkan sebuah generasi dengan pekerjaan yang belum diketahui jenisnya, teknologi yang belum terciptakan, dan memecahkan masalah.

Pembelajaran sains membantu mengembangkan pemahaman peserta didik tentang pengetahuan ilmiah, metode, serta manfaat untuk masa depannya.

Selamat Idulfitri 2024

Hal ini yang menjadi salah satu latar belakang kegiatan Program kemitraan Masyarakat (PkM) dari Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) baru-baru ini. Kegiatan yang diketuai oleh Dr Nur Khoiri, serta Dr Affandi Faisal Kurniawan MSc dan Dr Sigit Ristanto MSc sebagai anggota.

Bentuk kegiatan dengan judul “Penguatan Keterampilan Abad 21 Melalui Perancangan Alat Peraga Pembelajaran Fisika Berorientasi Merancang Kegiatan Laboratorium-Keterampilan Generik Sains (MKL-KGS).” Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) fisika kabupaten Demak merupakan mitra dari kegiatan tersebut.

Baca juga:  Tingkatkan Solidaritas Sosial dengan Bersinar

Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kemendikbud-Ristek mendanai kegiatan dalam pelaksanaan selama enam bulan.

Nur Khoiri dalam sambutanya menyampaikan kegiatan ini diharapkan guru memiliki kemampuan dalam merancang kegiatan laboratorium berpengaruh positif terhadap frekuensi penggunaan laboratorium. “Penyiapan calon guru yang terampil merancang kegiatan laboratorium sangat strategis dalam rangka menyiapkan guru yang mampu mengelola pembelajaran melalui kegiatan praktikum. Untuk menghasilkan profil guru yang memiliki keterampilan merancang kegiatan laboratorium, perlu dipikirkan pengembangan mata kuliah yang relevan dengan keterampilan merancang, Salah satu mata kuliah tersebut adalah laboratorium fisika pendidikan.” tutur Khoiri.

Baca juga:  Gelar Manasik Haji, Tingkatkan Keislaman Siswa

penguatan keterampilan abad 21 melalui perancangan alat peraga pembelajaran fisika berorientasi Merancang Kegiatan Laboratorium-Keterampilan Generik Sains (MKL-KGS).

Ketua MGMP fisika kabupaten Demak Edy Suparso SPd MSc menyampaikan terima kasih banyak kepada tim dari UPGRIS khususnya dosen program studi Pendidikan fisika yang telah memberi banyak materi serta waktu untuk diskusi.

Ternyata mengubah image belajar sebagai suatu keterpaksaan menjadi suatu kebutuhan, dengan cara membawa anak didik menikmati sisi-sisi keindahan dan kemenarikan dari suatu materi pelajaran yang sedang dipelajarinya. Sehingga guru terus berupaya dan terus belajar agar tidak tertinggal oleh peradaban,” ucap Edy.

Baca juga:  Gelar Doa Bersama untuk Persiapkan Siswa dalam ASPD di Akhir Ramadan

Pembelajaran fisika dapat dikembangkan melalui kegiatan laboratorium, karena aspek proses, produk dan sikap dapat lebih berkembang. Pengembangan aspek proses, produk dan sikap dapat meningkatkan keterampilan generik sains. Keterampilan tersebut penting dalam rangka membekali mahasiswa untuk memecahkan berbagai persoalan di masayarakat. (hms/rds)