Pemanfaatan Fitur Pelatihan Mandiri pada Platform Merdeka Mengajar

Oleh: Arifah, S.Pd.SD.
Guru SDN 2 Winong, Kec. Bawang, Kab. Banjarnegara

PASCA pandemi Covid-19, dunia pendidikan mengalami perubahan dalam rangka pemulihan pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) telah meluncurkan Merdeka Belajar dengan setiap episodenya yang selalu membawa perubahan. Salah satunya episode ke 15, yaitu Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam rangka pemulihan pembelajaran dan pendidikan agar lebih meningkatkan aktivitas pemanfaatan platform PMM.

Selamat Idulfitri 2024

Merdeka Mengajar adalah platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk guru dalam mewujudkan Pelajar Pancasila, serta mendukung guru untuk mengajar, belajar, dan berkarya lebih baik lagi. PMM sangat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. Pelatihan mandiri merupakan bagian dari PMM, yang memuat berbagai materi pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai pendidik. Materi dibuat singkat untuk memudahkan guru dalam melakukan pelatihan secara mandiri, kapan pun, dan di mana pun. Pada pelatihan mandiri, guru akan mempelajari materi dalam bentuk teks atau video, mengerjakan latihan pemahaman, melakukan refleksi, dan melakukan aksi nyata. Melalui pelatihan mandiri, guru dapat mempelajari beragam materi untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya sebagai pendidik.

Keunggulan materi pelatihan mandiri adalah sebagai berikut: 1) Materi dirancang oleh para ahli agar relevan dan dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari; 2) Materi dirancang singkat untuk memudahkan guru dalam melakukan pelatihan secara mandiri, kapan pun, dan di mana pun. Salah satu komponen pada pelatihan mandiri adalah mengerjakan aktivitas-aktivitas yang disediakan pada materi pembelajaran. Satu materi terdiri dari dua aktivitas untuk mengetahui berapa jauh tingkat pemahaman terhadap materi yang sudah dipelajari. Guru akan mendapatkan materi pembelajaran dalam bentuk teks atau video. Selain itu, terdapat latihan pemahaman yang berisikan soal-soal mengenai materi yang sudah disimak sebelumnya.

Adapun beberapa tahapan untuk menyelesaikan satu topik pelatihan mandiri yang harus dilakukan yaitu: 1) Pelajari dan selesaikan semua modul yang ada dalam topik tersebut. Setiap modul memiliki materi, aktivitas, serta post test yang perlu dipelajari dan dikerjakan; 2) Laksanakan aksi nyata untuk mendemonstrasikan pemahaman dari semua modul yang dipelajari dalam satu topik. Kemudian, tuangkan aksi nyata ke dalam dokumen tertulis dalam format PDF (maksimal 10 MB) dan unggah ke Platform Merdeka Mengajar; 3) Post Test, pastikan daftar materi sudah bercentang hijau yang artinya sudah dipelajari, baca pedoman mengerjakan post test, lalu klik mulai kerjakan post test; 4) Jawab soal pilihan ganda lalu klik selanjutnya untuk mengerjakan soal berikutnya, Anda diperbolehkan menjawab soal secara acak, namun pastikan semua soal dijawab. Tanda centang berwarna hijau soal sudah dikerjakan

Pelatihan mandiri tidak bersifat wajib. Namun, pelatihan mandiri dapat membantu meningkatkan kompetensi dan mengembangkan potensi Anda sebagai pendidik. Namun, pelatihan mandiri dapat membantu meningkatkan kompetensi dan mengembangkan potensi Anda sebagai pendidik. Platform Merdeka Mengajar diperuntukkan bagi guru dan kepala sekolah. Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat platform secara keseluruhan Anda memerlukan akses masuk/login. Untuk mengerjakan pelatihan mandiri, pastikan internet stabil dan kuota Anda cukup untuk mempelajari materi yang berbentuk teks dan video. Setiap topik pelatihan memiliki jumlah dan tipe modul yang berbeda-beda sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pelatihan juga bervariasi. (*)