Memantik Kreativitas Siswa dengan Snowball Throwing

Oleh: Masmiah, S.Pd
Guru PPkn SMP YPK Immanuel, Kabupaten Nabire

ESENSI pendidikan memberikan kecukupan kebutuhan manusia sepanjang hayat. Lembaga pendidikan memegang tugas penting terhadap keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran di masa yang akan datang. Salah satu cara memaksimalkan kualitas sumber daya manusia adalah melalui pendidikan.

Selamat Idulfitri 2024

Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah melalui kegiatan pengajaran bimbingan yang berada di sekolah dan luar sekolah sepanjang hidup dalam rangka menyiapkan Siswa untuk dapat berperan dalam berbagai lingkungan hidup dimasa yang akan datang dan bertujuan untuk memaksimalkan kemampuan individu.

Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu pelajaran yang wajib diajarkan di sekolah, mulai dari jenjang SD sampai Perguruan Tinggi. Mata pelajaran (mapel) PPKn syarat dengan nilai-nilai moral yang penting untuk ditanamkan dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Semua aktivitas kehidupan manusia tidak terlepas dari aturan nilai dan moral. Nilai moral sangat penting ditanamkan sejak dini agar menjadi pedoman berpikir, bersikap dan bertingkah laku dan berbangsa dan bernegara.

Terkadang, minat belajar siswa terhadap PPKn terlihat kurang diminati. Guru harus bisa membuat agar proses belajar mengajar tidak membosankan dan bisa menyenangkan bagi siswa, sehingga membutuhkan strategi dan model pembelajaran yang tepat. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan meningkatkan prestasi hasil belajar, dapat menggunakan snowball throwing, yang merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang didesain seperti permainan melempar bola.

Metode ini bertujuan untuk memancing kreativitas dalam membuat soal sekaligus menguji daya serap materi yang disampaikan oleh ketua kelompok. Karena metode snowball throwing berupa permainan, siswa harus dikondisikan dalam keadaan santai tetapi tetap terkendali. Guru memberikan bimbingan pengajaran kepada peserta didik. Hal ini dimaksudkan agar pelajaran PPKn dapat berlangsung efektif, efisien, dan menyenangkan.

Adapun langkah-langkah metode Snowball Throwing dapat diterapkan dengan: 1) Guru menyampaikan materi yang akan disajikan. Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok tentang materi; 2) Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing kemudian menjelaskan materi yang diampaikan guru pada temannya; 3) Masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas untuk menuliskan pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan ketua kelompok; 4) Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lain selama kurang lebih 5 menit; 5) Setelah siswa mendapat satu bola atau satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian; 6) Guru melaksanakan evaluasi, baik proses metode yang digunakan, maupun ketercapaian kompetensi siswa dalam memahami materi yang diberikan; 7) Penutup.

Dapat disimpulkan bahwa keberhasilan metode snowball throwing merupakan salah satu metode yang tepat untuk menyampaikan materi “Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia”, karena dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan serta siswa lebih kreatif dan komunikatif dengan guru dan siswa lain, sehingga siswa lebih mudah memahami materi. Dengan pembelajaran snowball throwing, terjadi peningkatan hasil belajar dilihat dari rata-rata kelas yang berjumlah 28 peserta didik yang tuntas 12 anak 42,85 persen, setelah pembelajaran melalui metode snowball throwing yang tuntas menjadi 26 peserta didik atau 93 persen. (*)