Pentingnya Penataan Barang Dagangan di Toko Online

Oleh: Yuswiyati, S.Pd.
Guru Pemasaran SMK N I Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara

TOKO online (online shop) dewasa ini merupakan kebutuhan pokok bagi setiap pemilik bisnis ritel yang sedang berkembang. Online shop juga sudah merupakan bagian dari gaya hidup masyarakat. Memiliki toko online di dunia maya, seperti punya lapak di pasar nyata. Maka dari itu, penataan barang dagangan atau visual merchandising daring yang menarik akan mendorong calon pembeli datang bertemu Anda untuk melihat dan belanja produk.

Selamat Idulfitri 2024

Penampilan out lite dengan penataan barang dagangan atau visual merchandising daring yang menarik sangat penting dalam marketing modern. Kita membutuhkan etalase yang bagus agar pengunjung betah berlama-lama, untuk selanjutnya berbelanja di toko online yang kita kelola. Selaku guru mata pelajaran (mapel) Pemasaran di SMK Negeri 1 Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara, penulis menekankan hal ini pada peserta didik. Kemudian untuk membuat tampilan website toko online yang menarik, antara lain penulis rangkum dengan strategi berikut:

Pertama, mengatur penempatan yang indah atau “Pretty Product”. Untuk membuat tata letak yang indah, etalase toko online difokuskan pada perancangan tata letak yang menonjolkan produk atau barang dagangan yang paling kuat. User tertarik dengan produk, jadi pasanglah gambar terbaik dari produk. Gunakan latar belakang yang berwarna putih atau padukan dengan gambar produk atau objek lainnya untuk membuat pelanggan terkesan.

Kedua, menimbang komposisi desain website. Memang penting untuk mendesain toko online seunik mungkin, namun kurang bijak jika mengombinasikan warna-warna yang justru membuat lelah mata pengunjung. Kunci untuk mendesain toko online adalah prioritas. Mulailah dengan membuat hierarki mengenai informasi apa saja yang paling penting pada suatu halaman website Anda.

Ketiga, menggunakan dinamik kode secara proporsional. HTML 5 dan CSS 3 merupakan masa depan dari revolusi desain dari web, apalagi jika ditambah penggunaan java script untuk membuat halaman web menjadi lebih interaktif. HTML 5 dan java script merupakan beberapa animasi yang memperindah layout website, tetapi jika digunakan secara berlebihan justru bisa mengurangi estetika layout secara keseluruhan dan melambatkan website.

Keempat, menggunakan web mobile. Mobile e-commerce atau mcommerce merupakan salah satu kegiatan yang paling berkembang secara online. Oleh karena itu, menggunakan web mobile akan lebih cepat, karena selain menyiapkan toko online juga mobile atau smartphone ready sejak dini. Beberapa hal yang diperlukan pada mobile di antaranya, apakah user experience pada mobile lebih baik atau setidaknya sama dengan pengguna desktop atau apakah user diblokir ketika ingin melihat gambar produk.

Mengingat pentingnya toko online, maka materi bisnis visual merchandising secara daring ini lebih ditekankan kepada anak-anak, khususnya adalah anak-anak kelas sebelas BDB pebisnis daring dan pemasaran di SMK N 1 Pejawaran. Materi ini lebih ditekankan, mengingat sekarang pembelian atau belanja lebih banyak dilakukan di toko online atau ecommerce. Materi ini penting ditekankan kepada peserta didik dengan mapel bisnis online atau visual merchandising secara daring, sebagai gambaran dunia bisnis masa kini, di era teknologi informasi dan komunikasi mutakhir. (*)