Tingkatan Keterampilan Berbicara dengan Membuat Vlog

Oleh: Dra. Retno Widyawati
Guru bahasa Indonesia SMPN 7 Pemalang, Kabupaten Pemalang

KEMAMPUAN berbahasa merupakan salah satu dari bidang pengembangan kemampuan dasar yang dipersiapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya. Pengembangan kemampuan berbahasa bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif, dan membangkitkan minat untuk dapat berbahasa Indonesia. Sesuai dengan standar kompetensi bidang pengembangan kemampuan dasar, bahwa kompetensi dasar berbahasa adalah anak mampu mendengarkan, berkomunikasi secara lisan maupun tulisan.

Dalam lingkungan belajar, peserta didik dituntut memiliki berbagai macam keterampilan dalam belajar. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah berbicara. Keterampilan berbicara merupakan kemampuan dalam menata gagasan dengan logis dan sistematis, kemudian menuangkan dalam bahasa yang sesuai kaidah dengan cara pengucapan yang lancar dan jelas.

Baca juga:  Guru Bangun Kepercayaan Diri pada Siswa Korban Bullying

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VII materi teks deskripsi, terdapat capaian pembelajaran pada elemen berbicara dan mempresentasikan. Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif

Peserta didik yang merasa kurang dalam kemampuan berbicara akan lebih cenderung sering mendengarkan. Maka dari itu, guru harus melatih peserta didik untuk dapat mengembangkan kemampuan berbicara. Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik mengembangkan keterampilan berbicara, guru memberi tugas pada siswa kelas VII SMP N 7 Pemalang untuk mendeskripsikan obyek, benda, atau peristiwa dengan membuat vlog.

Pada materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII tentang teks deskripsi, terdapat kompetensi siswa dapat mendeskripsikan objek, benda, atau peristiwa. Mendeskripsikan merupakan penyampaian gambar objek, tempat, dan peristiwa tertentu dengan sangat rinci. Mendeskripsikan memiliki tujuan untuk menggambarkan sesuatu yang berkaitan dengan pengalaman berdasar hasil pengamatan seluruh panca indra, baik merasakan, mendengar, meraba, dan melihat secara detail.

Baca juga:  Guru Bangun Kepercayaan Diri pada Siswa Korban Bullying

Vlog adalah sebuah blog dalam format video yang dapat diakses online. Konten berisi teks, gambar, dan video. Vlog adalah suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas penggunaan teks atau audio sebagai sumber media perangkat seperti kamera digital dan smartphone. Dalam kegiatan pembelajaran mendeskripsikan benda dengan membuat vlog, anak dapat mengekspresikan benda atau tempat secara kreatif dan inovatif.

Berikut cara membuat vlog sederhana menggunakan gawai: 1) Pertama adalah menyiapkan peralatan yang mendukung. Cara yang pertama membuat vlog di HP adalah menyiapkan mobile vlogging kit, seperti tripod, ring light, mikrofon, dan sebagainya. Setelah itu, tentukan lokasi syuting. Jika hendak merekam gambar yang tidak membutuhkan banyak perpindahan, gunakanlah tripod. Sedangkan untuk merekam gambar bergerak, gunakan monopod atau stabilizer untuk menghindari gambar yang kurang fokus; 2) Tahap kedua adalah merekam. Buka aplikasi kamera, kemudian tekan tombol bulat merah untuk merekam gambar. Mulailah dari monolog sederhana. tidak perlu berlebih-lebihan, lakukan apa adanya sampai obrolan mengalir dengan sendirinya; 3) Langkah terakhir adalah editing. Siswa dapat melakukan pengeditan melakukan pengeditan melalui aplikasi edit video. Aplikasi edit video dapat langsung kamu unduh di gawai secara gratis. Dengan mendeskripsikan objek, benda atau benda dengan membuat vlog siswa lebih leluasa mengekspresikan gagasan secara lesan dengan lebih kreatif dan inovatif. (*)