Demak  

Peran Penting Perempuan dalam Demokrasi

PAPARAN: Bupati Demak Eisti’anah memberi sambutan Acara Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan di Ballroom Wakil Bupati, Selasa (18/10). (HUMAS/JOGLO JATENG)

DEMAK, Joglo Jateng – Peran perempuan sangat penting dalam kehidupan berdemokrasi dan transparansi penyelenggaraan negara. Keterlibatannya akan memberi keseimbangan dan pengawasan yang berperspektif gender. Di samping itu juga dapat membangun masyarakat yang nondiskriminatif, lebih adil, dan setara.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Demak, Eisti’anah pada acara Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan di Bidang Politik, Hukum, Sosial, dan Ekonomi di Ballroom Wakil Bupati, Selasa (18/10). Dalam kesempatan tersebut, ia memberikan apresiasi tinggi atas kegiatan sosialisasi yang terselenggara. Acara tersebut menjadi salah satu upaya peningkatan peran serta perempuan dalam pembangunan di Kabupaten Demak.

Selamat Idulfitri 2024

Menururnya, perkembangan zaman yang semakin maju saat ini, menuntut perempuan untuk berperan di segala sektor tanpa melupakan kodratnya. Seiring berjalannya waktu, perempuan mulai bangkit. Mereka membuktikan bahwa keberadaannya layak untuk diperhitungkan. Banyak perempuan yang berhasil membuktikan dengan menjalankan peran ganda dan menjadi mitra sejajar bagi laki-laki.

Baca juga:  3 Destinasi Wisata Demak Jadi Favorit selama Libur Lebaran

“Partisipasi perempuan dalam lembaga pemerintahan dan lembaga legislatif sangat dibutuhkan sebagai wujud keterlibatan perempuan dalam pembangunan. Serta sebagai sarana untuk memperjuangkan hak-hak perempuan,” terang Esti’anah.

Tidak lupa ia mengajak kepada kaum perempuan Kabupaten Demak untuk selalu berpikiran maju. Di samping itu juga belajar untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri, serta berkarya dengan memanfaatkan potensi yang ada.

“Saya harap kaum perempuan akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, siap mental, dan psikologis untuk melaksanakan fungsi-fungsi jabatan sebagai perumus kebijakan maupun pengambil kebijakan,” harapnya.

Baca juga:  Dandim 0716 Demak Gelar Acara Kenaikan Pangkat dan Purna Tugas

Melalui forum tersebut, ia juga berharap para anggota organisasi perempuan di Demak dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman. Tujuannya agar sesama perempuan dapat berkontribusi di berbagai bidang. Termasuk politik, hukum, sosial, dan ekonomi. (hms/mg3)