Langgar Izin Tinggal, Warga Nigeria Dipulangkan

DETENI: Ilustrasi sejumlah imigran gelap di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Semarang, Jateng, belum lama ini. (ANTARA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Kantor Imigrasi Semarang memulangkan atau mendeportasi seorang warga negara Nigeria bernama Okafor Obinna Donatus (43). Ia kedapatan melanggar izin tinggal di Indonesia sejak empat tahun lalu.

Kepala Rumah Detensi Imigrasi (Rudemin) Semarang Retno Mumpuni di Semarang, Jawa Tengah, belum lama ini, mengatakan, bahwa Okafur merupakan deteni pindahan dari Kantor Imigrasi Kelas I Soekarno Hatta, Banten. Pemulangannya sudah dikoordinasikan dengan Kedutaan Besar Nigeria di Jakarta.

Selamat Idulfitri 2024

“Sudah lebih dari 4 bulan tinggal di Rudenim Semarang,” ungkap Retno.

Ia menjelaskan, bahwa deteni tersebut masuk ke Indonesia dengan izin wisata. “Namun, yang bersangkutan bersama rekan-rekannya justru overstay,” katanya.

Baca juga:  Turun 0,1 Persen, PPKBD Jadi Ujung Tombak Penurunan Stunting

Setelah dideportasi, menurut dia, Okafor akan diusulkan dalam daftar usulan aplikasi cekal daring. Selain Okafor, saat ini terdapat sembilan deteni yang menghuni Rudenim Semarang. Masing-masing mereka, empat orang berasal dari Nigeria, satu warga Yaman, dua warga Bangladesh, dan dua warga Taiwan. (ara/mg4)