Dewan Harap Semarang Jadi Embarkasi Haji Baru di Jateng

PROGRES: Rombongan Komisi VIII DPR mengecek perkembangan pembangunan bangunan Asrama Transit Haji Semarang, Kamis (3/11/22). (ANTARA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Kementerian Agama tengah membangun asrama baru berlantai empat di Asrama Transit Haji Semarang. Anggota Komisi VIII DPR Riyanta berharap, asrama tersebut nantinya bisa menjadi embarkasi keberangkatan haji dari Bandara Ahmad Yani Semarang. Berfungsi untuk membantu mengurangi kepadatan keberangkatan calon haji di Asrama Haji Donohudan Boyolali yang menjadi satu-satunya di Jawa Tengah selama ini.

Ia berharap, nantinya jemaah haji bisa diberangkatkan langsung dari Semarang. Pembangunan satu dari tiga “tower” asrama yang direncanakan itu, harapannya, bisa terus dikawal sehingga bisa selesai tepat waktu.

Selamat Idulfitri 2024

“Diharapkan bisa selesai tepat waktu meski laporannya ada sedikit keterlambatan,” katanya saat mengecek perkembangan revitalisasi Asrama Transit Haji Semarang, Kamis (3/11/22).

Baca juga:  BI Jateng Gandeng Dewan Masjid, Permudah Pembayaran Zakat dengan QRIS

Sementara, pimpinan Rombongan Komisi VIII dalam kunjungan tersebut, Abdul Wachid, juga berharap, asrama haji Semarang ini dapat berfungsi sebagai embarkasi keberangkatan haji. Menurut dia, Jawa Tengah merupakan daerah dengan keberangkatan calon haji terbanyak kedua setelah Jawa Timur.

“Semarang sudah memiliki bandara yang mumpuni, seharusnya Jawa Tengah setidaknya punya dua asrama haji,” katanya.

Adapun Kepala Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah, Musta’in Ahmad menjelaskan, perkembangan pembangunan bangunan asrama baru tersebut sudah mencapai 67 persen. Menurutnya, dalam proses pembangunan tersebut, memang ada sedikit keterlambatan. Namun pihaknya yakin bisa selesai sesuai dengan waktu yang ditargetkan.

Baca juga:  Nikmati Berbagai Kuliner Ramadan di Alun-alun Masjid Agung Kauman Semarang

Bangunan yang dibangun dengan anggaran sebesar Rp44 miliar tersebut nantinya akan mampu menampung 400 orang. Ia menjelaskan jika tiga “tower” asrama baru sudah selesai dibangun nanti, kapasitas tampungnya akan mencapai 1.500 orang.

“Untuk dua tower sisanya rencana dibangun di 2024. Nantinya asrama Semarang hampir menyamai kapasitas Asrama Donohudan,” katanya.

Ia mengatakan, pemberangkatan haji melalui Semarang dimungkinkan jika ke depan kuota haji yang diperoleh sudah normal. Atau bahkan jika ada penambahan dari Pemerintah Arab Saudi. (ara/mg4)