Gerhana Bulan Total, UIN Walisongo adakan Pengamatan dan Sholat Gerhana Berjamaah di Planetarium

Foto kombinasi fase gerhana bulan total. (ANTARA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Dalam menyambut fenomena Gerhana Bulan pada tanggal 8 November 2022, Tim Planetarium UIN Walisongo Semarang akan mengadakan acara Spesial show Gerhana dan pengamatan gerhana bulan total di Gedung Planetarium dan Observatorium.

Acara tersebut terbuka untuk umum. Meski demikian kuota terbatas hanya 190 seat. Acara dimulai pada pukul 15.00 dengan show (simulasi gerhana).

Selamat Idulfitri 2024

Kepala Planetarium dan observatorium UIN Walisongo Semarang, Ahmad Syifaul Anam mengatakan “perlunya pengamatan gerhana ini untuk memastikan dan memvalidasi perhitungan hisab yang sudah dilaksanakan, sehingga benar-benar akurat”.

Baca juga:  Pemprov Jateng Gelar GPM untuk Tekan Harga Bapok Jelang Lebaran

“Selain pengamatan dan edukasi terkait gerhana bulan, para peserta akan diajak untuk bersama sama melakukan sholat gerhana berjamaah”, terangnya.

Warga Semarang yang ingin mengikuti acara ini dapat mendaftarkan dirinya pada Harga tiket masuk(HTM) 30 ribu. Bagi mahasiswa,dosen dan tenaga kerja UIN walisongo mendapatkan diskon 50% per tiket.

Planetarium UIN Walisongo merupakan terbesar ketiga di dunia dan terbesar se-Asia Tenggara. Planetarium UIN Walisongo juga menjadi salah satu lokasi untuk rukyatul hilal di Wilayah Jawa Tengah.

Dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, planetarium juga menjadi salah satu destinasi wisata Religi melalui eduwisatanya untuk melihat dan belajar tentang berbagai fenomena luar angkasa.

Baca juga:  Cegah Radikalisme, Kesbangpol Jateng Susun SOP Tangkal Dini

Terdapat tiga teropong di planteraium yaitu teropong besar untuk melihat objek kedalaman langit, teropong matahari dan teropong hilal. (hms/rds)