SDIT LHI Banguntapan Gelar Bulan Bahasa Tingkatkan Literasi Siswa

PARTISIPASI: Salah satu siswa saat tampil dalam puncak acara lomba Oktober Bulan Bahasa di Halaman SDIT LHI, Banguntapan, Bantul, Jumat (11/11). (RIZKY ADRI KURNIADHANI/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Luqman Al Hakim Internasional (LHI) Banguntapan, Bantul, menggelar kegiatan Bulan Bahasa yang diikuti oleh seluruh siswa SDIT LHI. Perlombaan Oktober Bulan Bahasa ini bertujuan untuk meningkatkan literasi seluruh siswa.

Kepala SDIT LHI Mulatiningsih mengatakan, peringatan tersebut diikuti oleh seluruh warga sekolah. Para siswa berkesempatan untuk memilih lomba apa yang akan diikuti dalam rangkaian Oktober Bulan Bahasa kali ini.

Selamat Idulfitri 2024

“Jadi dalam rangka Oktober Bulan Bahasa, para siswa kami wajibkan megikuti kegiatan ini. Kami memberikan batasan tema yang akan diikuti siswa, antara lain Bahasa Indonesia, Bahasa Ingris, Bahasa Jawa, dan experiment sains challenge,” terang Mulatinngsih saat diwawancarai Joglo Jogja di SDIT LHI Banguntapan, Jumat (11/11).

Baca juga:  Jelang Lebaran, Perbaikan PJU Dimasifkan

Mulatinigsih menambahkan, kegiatan ini telah dilaksanakan pada bulan Oktober dan saat ini sudah mencapai tahapan akhir bagi para siswa. Dari setiap kelasnya, nanti akan diambil enam siswa, yang nantinya bertanding mewakili setiap Angkatan, yaitu kelas satu berhadapan dengan kelas dua, kelas tiga berhadapan dengan kelas empat, dan kelas lima berhadapan dengan kelas enam.

Lanjutnya, Kegiatan Oktober Bulan Bahasa ini sebagai bentuk diferensiasi, yaitu upaya para guru agar bisa mengetahui minat dan bakat siswanya berada di mana. Agar siswa dapat lebih mudah untuk mengembangakan minat yang dipilih.

Baca juga:  Modus Cari Tempat Laundry, Wanita Ini Curi Rp81 Juta

“Kegiaatan ini akan di ambil enam juara pada setiap dua angkatannya. Yaitu juara 1, 2, 3, harapan 1, harapan 2, dan harapan 3. Yang nantinya para juara akan diberikan penghargaan dan diumumkan saat upacara bendera yang diikuti seluruh warga sekolah,” jelasnya.

Ia berharap, dengan lomba Oktober Bulan Bahasa ini, siswa SDIT LHI dapat mengembangkan literasi pada diri setiap siswa. Karena literasi ini adalah sebagai kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap siswa.

“Dalam kegiatan ini, kita harus memberikan pengalaman kepada siswa SDIT LHI. Karena dari pengalaman ini lah yang membuat siswa terstimulisasi dalam tingkat kepercayaan diri, keberanian, dan kreativitas itu bisa terasah. Sehingga kita dapat mengetahui minat dan bakat siswa berada di mana,” imbuhnya. (cr4/all)