Bibit Siklon Tropis 94S Masih Bayangi Wilayah Indonesia, Ini Daftar Provinsi yang Harus Waspada

ILUSTRASI: Badai angin yang disertai hujan deras mennggoyahkan pepohonan. (JOGLO JATENG/Foto: Pixabay)

SEMARANG, Joglo Jateng – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis 11 provinsi di Sumatera dan Jawa yang berpotensi terdampak bibit siklon tropis 94S. Peristiwa alam ini mengakibatkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin.

Menurut BMKG, bibit siklon tropis 94S ini masih belum menjauh dari wilayah Indonesia. Terpantau oleh BMKG, keberadaannya masih berada di sekitar Samudera Hindia sebelah barat daya Lampung.

BMKG melalui akun @infoBMKG mengunggah data 11 provinsi terbaru yang berpotensi terdampak hujan intensitas sedang hingga lebat.

Baca juga:  Wali Kota Semarang Bertemu Pemprov Cari Solusi bagi 69 CPD yang Piagamnya Dianulir

Di antaranya, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta serta Jawa Timur.

Kecepatan angin maksimum diperkirakan mencapai 30 knot dan tekanan udara minimum 1.000 milibar (mb) yang bergerak ke arah tenggara.

BMKG memprediksi, bibit siklon tropis 94S tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan dalam kategori sedang. Prakiraan ini berdasarkan hasil analisis per Kamis (17/11) pukul 19.00 WIB. (ara/mg2)