Figur  

Senang Bercerita Antarkan Raih Juara

BAHAGIA: Renaldo Cauiro Arshaka saat berfoto bersama Kepala SD Negeri Banguntapan, Bantul, Kamis (17/11). (RIZKY ADRI KURNIADHANI / JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Berawal dari senang bercerita kepada teman satu kelasnya, Renaldo Cauiro Arshaka, siswa SD Negeri Banguntapan, Bantul mampu bersaing pada perlombaan bertutur. Aldo sapaannya, berhasil mendapatkan juara dua dalam kegiatan lomba bertutur tingkat kapanewon.

“Awalnya aku senang bercerita ke teman-teman satu kelas. Ketika ibu guru mengajak untuk mengikuti lomba bertutur Roro Jongrang, saya langsung ikut,” ucapnya, Kamis (17/11).

Selamat Idulfitri 2024

Anak yang saat ini menduduki kelas tiga SD itu mengungkapkan, selain bertutur, dia juga suka menari. Hal ini dibuktikan waktu masa TK, dirinya pernah mengikuti lomba menari dengan arahan dari orang tuanya.

Baca juga:  Gigih Berkompetisi, Rifkanisa Berhasil Sandang Gelar Mapresnas

“Sebelum mengikuti lomba bertutur ini, aku pernah mengikuti lomba tari waktu masih TK. Waktu dulu mama pernah mendaftarkan untuk kegiatan lomba menari,” ujarnya.

Siswa yang bercita-cita sebagai dokter ini memperbanyak membaca dan melakukan banyak hal untuk mengasah kemampuan bertuturnya. Hal itu dilakukan karena dirinya akan mengikuti perlombaan bertutur lagi di Imogiri pada tingkat kabupaten.

“Aku senang karena bisa menjadi juara dua bertutur tingkat kapanewon. Saat mengikuti lomba, aku banyak dibantu oleh para guru. Dengan disuruh membaca buku, mendengarkan, dan melihat dari sosial media. Aku minta doanya untuk melaju ke tingkat kabupaten, 21 November nanti,” ujarnya.

Baca juga:  Cinta Sastra Sejak SMP: Altabella Septi Arista Raih Kesuksesan di Dunia Penulisan

Sementara itu, Kepala SD Negri Banguntapan An Nisa mengatakan, dirinya sebagai guru ikut mendukung dan senang dengan apa yang di lakukan siswanya. Karena dengan mengikuti perlombaan ini, nama baik sekolah dan orang tua siswa dapat ikut terangkat.

Nisa berharap lomba ini dapat menjadi batu loncatan bagi Aldo. Untuk mendapat prestasi di tingkat yang lebih tinggi, serta bisa menjadi motivasi bagi teman-temannya untuk tetap berprestasi. Sekolah juga akan memberikan fasilitas untuk mengembangkan potensi siswa agar bisa terus berkembang. (cr4/abd)