Pengembangan dan Apresiasi Siswa melalui ICE

AKSI: Para siswa saat melakukan Tarian Ratoh Jore di Performance State UNY (19/11). (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

DALAM rangka mengembangkan potensi siswa, Sekolah Islam Terpadu (SIT) Luqman Al Hakim Internasional (LHI) Banguntapan, Bantul menggelar kegiatan International Cultural Expo (ICE), Sabtu (19/11). Kegiatan ini diikuti seluruh siswa dari PAUD, SD, dan SMP sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh siswa.

Kepala SDIT LHI Mulatiningsih mengatakan, ICE ini diikuti oleh 750 siswa dan dilaksanakan di performance state UNY. Hal ini sebagai bentuk apresiasi bagi siswa karena telah melakukan apa yang telah di pelajari selama satu semester. Serta memperlihatkan hasil nyata selama di sekolah.

Selamat Idulfitri 2024

“Jadi para siswa menampilkan dari kelas budaya, beautiful butterfly, dan pameran pembelajaran yang dilakukan dalam satu semester. Puncak acaranya ditampilkan pada saat ICE di UNY,” ujarnya.

Baca juga:  Perbaiki Kualitas Perpustakaan, Tingkatkan Literasi Sekolah

Pameran pembelajaran ini merupakan produk yang dikhususkan untuk siswa. Dalam pembuatannya, setiap kelas diberi satu program dan diselesaikan dalam waktu satu semester. Kemudian hasilnya ditampilkan di halaman luar gedung pertunjukan.

“Contohnya seperti kelas empat, kita beri tema safe water. Mereka melakukan penelitian, mencari masalah, dan memecahkan solusinya. Mereka melakukan pembuatan maket untuk memastikan hemat air ke depannya. Dengan mengusulkan pergantian kran dan pembuatan kran otomatis.” jelasnya.

Ada juga Beautiful Butterfly yang akan dibawakan oleh seluruh siswa dari SD sampai SMP. Dengan proses penyeleksian yang nantinya akan membawakan tarian Ratoh Jore.  Kemudian ada juga kelas kepemimpinan jurnalistik yang mampu menerbitkan buletin, yang juga bisa menguatkan tentang literasi bagi anak.

Baca juga:  Waspada Difteri, Dinkes Sleman Gencarkan Vaksinasi Booster

“Kami apresiasi para siswa yang mampu tampil baik di kelas drama atau budaya. Serta para siswa yang luar biasa karena hanya dalam 3 bulan bisa tampil maksimal. Terima kasih  kepada semua wali guru. Dengan antusias tinggi mereka, kegiatan ICE ini bisa terselenggara dengan baik,” imbuhnya (cr4/abd)