Lestarikan Alam dengan Menjaga Lingkungan

BERSEMANGAT: Para siswa saat melakukan outbound di Desa Wisata Grogol, Seyegan, Sleman, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

BANYAK cara mengajarkan anak untuk bisa menjaga lingkungan. Salah satunya seperti yang dilakukan Kelompok Kerja (Pokja) 02 Sewon, dengan membawa siswa SMP/MTs binaannya berkunjung ke Desa Wisata (DEWATA) Grogol, Seyegan, Sleman. Kegiatan pengenalan lingkungan dan outbound ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya alam untuk kehidupan sekitar dan generasi mendatang.

Sebanyak 40 pelajar yang didampingi para waka kesiswaan masing-masing sekolah tampak antusias saat mengikuti arahan dari Instruktur DEWATA Grogol. Karena sebelum mengawali kegiatan, para siswa melakukan Senam Maumere dan outbound terlebih dahulu.

Selamat Idulfitri 2024

“Kita menjelaskan bagaimana terjadinya kerusakan lingkungan serta cara menanggulanginya. Selain itu, kita juga melakukan motivasi bagi para pelajar agar bisa menjadi motivator dalam menjaga kelestarian lingkungan,” jelas Bugi, instruktur DEWATA Grogol.

Baca juga:  Sediakan Jalur Alternatif Urai Kemacetan Arus Mudik dan Balik

Dengan melakukan outbound dan pengenalan kelestarian hidup, diharapkan dapat berguna bagi pelajar dan guru pendamping. Hal ini sebagai motivasi untuk pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Sementara itu, Sekretaris Kegiatan dan Waka Kesiswaan MTs Negeri 1 Bantul Syaekhul Fatah menilai, kegiatan ini sangat penting. Sebab para pelajar kurang mengenal dan merasakan kelestarian lingkungan. Di mana banyak yang menghiraukan keberlangsungan lingkungan yang asri.

“Banyak berita terjadinya tanah longsor, banjir, dan kebakaran hutan karena tidak bisa menjaga lingkungan dengan baik. Maka, kami melaksanakan kegiatan ini untuk mengantisipasi kerusakan lingkungan,” ucapnya.

Baca juga:  Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Dispusip Bantul Bangun Perpusda Baru

Para siswa diimbau untuk berhati-hati jika melihat banyak sampah, tanah longsor, dan kerusakan alam lainnya. Yang perlu dilakukan adalah menyiapkan mental dan melaporkan ke tokoh masyarakat. Karena dengan kepedulian dan sikap yang benar, dapat membantu pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Kegiatan seperti ini tidak hanya sekali, tetapi bisa diagendakan secara rutin setiap tahunya. Dengan dukungan semua pihak, kegiatan seperti ini bisa melahirkan pelajar yang memiliki leadership, berwawasan kebangsaan, dan peduli lingkungan,” terang Ketua Pokja 02 Sewon  Trismi Haryatiningsih. (cr4/abd)