Lomba Bakiak & Egrang, Bangkitkan Olahraga Tradisional

BERSEMANGAT: Pelaksanaan Festival Olahraga Kreasi di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Selasa (22/11). (HUMAS/JOGLO JATENG)

PEKALONGAN, Joglo Jateng – Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga (Dinparbudpora) Pekalongan bekerja sama dengan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) setempat menyelenggarakan kegiatan perlombaan Festival Olahraga Kreasi tingkat pelajar. Kegiatan berupa lomba egrang perorangan dan bakiak beregu yang diikuti oleh pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Selasa (22/11).

Pelatih Olahraga Muda pada Dinparbudpora Kota Pekalongan Endro Triyatmo menjelaskan, selain mendukung pembinaan para atlet olahraga prestasi, kegiatan itu juga bertujuan untuk menggiatkan kembali beberapa perlombaan permainan tradisional seperti bakiak, egrang, jemparingan atau panahan tradisional.

“Alhamdulillah, peserta antusias mengikuti perlombaan ini. Kemungkinan mereka biasanya hanya memainkan perlombaan olahraga tradisional ini di kegiatan pesta siaga atau pramuka,” paparnya.

Ketua Harian KORMI Kota Pekalongan, Nur Khawi menyebutkan, festival ini diadakan dalam rangka mengisi kegiatan positif dengan olahraga-olahraga tradisional masyarakat. “Alhamdulillah, animo sekolah  mengirimkan perwakilan siswanya luar biasa, untuk peserta SD jumlahnya hampir 60 orang tiap nomornya,” paparnya.

Tujuan utama adanya lomba olahraga kreasi ini adalah untuk membangkitkan gairah berolahraga masyarakat. Tidak hanya melalui kegiatan-kegiatan prestasi, tetapi ada juga untuk kegiatan kreasi yang bisa meningkatkan kebugaran masyarakat, dan mencoba membangkitkan kembali olahraga-olahraga tradisional yang sudah jarang dimainkan generasi muda.

“Kita bangkitkan, bina, dan kembangkan olahraga-olahraga kreasi dan olahraga tradisional ini di Kota Pekalongan. Perlu kami sampaikan, kegiatan ini juga dilombakan secara berjenjang baik dari tingkat kabupaten/kota, Provinsi Jawa Tengah, dan Nasional,” tandasnya.

Kegiatan festival tersebut merupakan bentuk persiapan dalam menyiapkan atlet pada ajang Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) Jateng 2023. Festival tersebut akan digelar pada Juli 2023 mendatang dengan berbagai macam lomba, seperti barongsai, egrang, bakiak, gobag sodor, termasuk senam aerobik, senam kebugaran, senam lansia, dan sebagainya. (hms/abd)