Figur  

Kejar Impian Jadi MUA Profesional

Tyas Purwaningrum. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

PANDEMI covid-19 nyatanya tak melulu menjadi malapetaka. Segala aktivitas yang harus dilakukan dari rumah, akhirnya dapat menjadikan diri untuk lebih produktif untuk mengisi waktu luang.

Hal itulah yang dilakukan oleh Tyas Purwaningrum, Mahasiswi UIN Salatiga yang menggunakan waktu luangnya saat pandemi untuk belajar make up. Kini ia telah menjadi make up artist (MUA) profesional di lingkungannya.

Selamat Idulfitri 2024

“Karena memang dari kecil suka sama make up ya karena cewek kan. Akhirnya belajar untuk make up sendiri, dan sekarang malah jadi bisnis dan mata pencaharian,” ungkap gadis yang akrab disapa Tyas itu.

Baca juga:  Hobi Kuliner hingga Buat Konten Bantu UMKM

Melihat peluang make up yang pastinya di gandrungi kaum hawa, kini ini ia sukses mendirikan MUA profesional yang diberi nama “Yasamakeup”. Selain bisa merias untuk acara wisuda, ia juga sering membuat tutorial make up sendiri dan di upload di Instagram. Gadis asal Kabupaten Semarang ini tidak mematok tarif mahal untuk jasa yang ditawarkan. Sekali melakukannya, ia biasa menerima uang Rp 60 ribu.

“Saya kan masih baru jadi nggak berani mematok harga yang mahal. Ramah di kantong belum tentu kualitasnya jelek. Saya selalu memberikan yang terbaik untuk customer,” jelasnya.

Baca juga:  Salah Jurusan, Zulfatun Berhasil Raih Karir Impian di Laboratorium Medis

Dengan usaha barunya ini ia bisa membantu meringankan orang tua dengan biaya kuliah. Selain itu uangnya biasanya dia belanjakan untuk membeli kebutuhan produk make up yang belum ia punya.

Saat mendapat complain dari customer, mahasiswi yang mengambil Program Studi Manajemen Bisnis Syariah ini tidak langsung putus asa. Menurutnya hal ini justru membuat semangatnya semakin menggebu.

“Kalau di komplain itu saya senang karena akan dapat pembelajaran baru. Pertama pasti akan  saya perbaiki dulu. Kemudian dilain hari saya nyoba lagi tapi dengan teknik yang berbeda untuk antisipasi kejadian yang sama,” tambahnya.

Baca juga:  Catatkan Nama di Tingkat Internasional Berkat KTI

Meski sibuk dengan makeup, gadis 22 tahun ini selalu menyempatkan waktunya untuk menekuni hobinya yang lain, yaitu memasak. Ketika tidak ada orang yang menggunakan jasanya, Tyas selalu bereksperimen dengan membuat makanan baru.

“Saat SMK aku ngambil jurusan Tata Boga. Jadi sampai saat ini aku masih suka eksperimen masak gitu buat kue kering, atau camilan lain. Selain menjadi MUA profesional harapanku kedepan juga ingin punya cafe dengan masakan hasil risetku,” akunya. (luk/mg4)