Quizizz Solusi untuk Penilaian Joyful Learning

Oleh: Dina Hikmah Safariyah, S.Pd.SD
Guru SDN 01 Limbangan, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang

KEBERHASILAN peserta didik dilihat dari nilai yang didapatkan dan perkembangan karakter individu. Menurut Hamalik, hasil belajar adalah tingkat seseorang menguasai perkembangan ilmu-ilmu kegiatan belajar mengajar (Daud, 2012). Menurut Hamdan dan Khander, hasil belajar merupakan pacuan dalam mengukur kemampuan siswa, serta kunci dalam mengembangkan pembelajaran yang lebih efektif. Kemudian memiliki keseimbangan antara materi dengan penilaian (Ricardo & Meilani, 2017). Untuk membangkitkan motivasi belajar anak, sangat diperlukan kreativitas guru dalam memberikan mode pembelajaran. Penilaian juga harus bervariasi agar siswa tidak jenuh.

Selamat Idulfitri 2024

Untuk menciptakan penilaian menarik, guru bisa memanfaatkan aplikasi Quizizz, yang dapat memberikan kelebihan tersendiri baik bagi siswa maupun guru. Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat kuis interaktif yang memiliki hingga empat pilihan jawaban, termasuk jawaban yang benar. Dapat juga ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan.

Quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. Tidak hanya bisa dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi juga dibuat soal untuk pekerjaan rumah. Sehingga dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh siswa, asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan. Siswa akan merasa ditantang, karena ada skor tersendiri yang diperoleh dengan menjawab soal secara cepat dan tepat. Selain itu akan ada persaingan, karena ranking dapat diperlihatkan secara live antar peserta. Menyenangkan, karena akan ada suasana musik untuk menyemangati.

Kelebihan dari Quizizz bagi siswa adalah siswa tidak dapat mencontek sesama temannya, karena soal yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lainnya telah diacak. Soal bisa dibuat dengan ketentuan waktu tertentu yang membuat siswa tidak punya kesempatan untuk bertanya dengan orang sekitar atau melihat buku catatan miliknya. Keuntungan bagi guru adalah akan ada grading otomatis, kemudian Quizziz membuat analisis butir soal, yang semuanya dapat diunduh berupa file excel.

Seperti yang dilakukan oleh guru SDN 01 Limbangan Kec. Ulujami Kab. Pemalang yang memanfaatkan Quizizz untuk penilaian alternatif pembelajaran. Yaitu pertama, guru membuat akun. Kemudian mengisi nama kuis, dan pilihlah mata pelajaran yang relevan. Kedua, memilih bentuk question yang ingin dibuat soal, berikut jawabannya pada kolom yang sudah disediakan.

Ketiga, menuliskan semua pilihan jawaban. Anda harus menentukan jawaban benar terlebih dahulu dengan cara menghidup tanda centrang (√) hijau di depan jawaban yang paling benar. Keempat, klik pada + new question untuk menambahkan pertanyaan atau juga bisa dengan meng-klik teleport untuk mendapat soal yang tersedia sebelumya. Lalu klik done bila sudah selesai. Kelima, menambahkan foto pada kuis, bahasa, tingkatan kelas, dan privasi yang dapat melihat kuis. Jika sudah selesai, klik save.

Kuis bisa ditampilkan secara live dan dapat dijadikan pekerjaan rumah. Minta siswa Anda join quizizz.com dan bagikan kode atau link ke mereka. Dengan mudah siswa akan bermain kuis dengan mengklik link yang telah guru bagikan. Pembelajaran dan pemberian latihan atau kuis yang menyenangkan dalam apliaksi Quizizz juga membuat siswa semangat serta termotivasi untuk belajar. Sehingga pemahaman siswa yang awal kurang menjadi lebih baik, dan dapat memahami materi secara lebih rinci. Pemahaman siswa yang baik meningkatkan hasil belajar. (*)