Pedagang Perkirakan Harga Bakepok Naik Jelang Nataru

POTONG: Susi pedagang ayam potong di lapak daging Pasar Pagi Pemalang saat melayani pembeli yang datang, Kamis (1/12/22). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Awal Desember 2022, harga sejumlah komoditi bahan kebutuhan pokok (Bakepok) masih terpantau stabil. Hal tersebut diungkapkan oleh beberapa pedagang telur dan daging ayam yang mengatakan bahwa harga ayam sampai sekarang masih normal. Walaupun begitu, mereka memastikan jelang natal dan tahun baru (Nataru) harga akan naik sejalan dengan permintaan pasar.

Salah satu pedagang ayam potong di Pasar Pagi Pemalang Susi (47) mengatakan, sampai akhir November dan di awal Desember ini, harga daging ayam cenderung stabil. Harga normal per kilo untuk daging ayam yaitu Rp35.000 per kilo dan sudah bertahan di angka normal selama dua pekan lebih.

Baca juga:  Sampah Kembali Menumpuk di Pemalang Usai Iduladha, DLH dan Forkopimda Turun Tangan

“Kalau harga itu kenaikan dan penurunan fluktuatif, tidak menentu tergantung pada permintaan dan jumlah stok yang ada. Tapi sekarang masih normal dan pembeli yang datang pun sama tidak ada pengurangan atau kenaikan,” ujarnya, Kamis (1/12/22).

Normalnya harga ini kemungkinan tidak akan bertahan lama. Hal itu karena diprediksi dua pekan mendatang permintaan pasar akan naik. Hal tersebut disebabkan momentum perayaan Nataru 2023 mendatang, di mana setiap kali hari besar harga bakepok pasti naik.

Hal tersebut juga di ungkapan oleh Aris (48), pedagang telur ayam di pasar yang sama. Dirinya menuturkan bahwa harga telur ayam masih stabil. Walaupun ia melihat sudah ada pergerakan kenaikan harga jelang Nataru.

Baca juga:  Belum Cakap Membaca, Bocah Pemalang Usia 6 Tahun Raih Juara I Dai Cilik IGRA 2024

“Kita telur sekarang (Kamis (1/12/22), red) diharga Rp28.500 per kilo. Itu pun jika membeli satu tong atau per 10 kilo, kalau harga eceran beda lagi. Tapi kemungkinan nanti akan naik bahkan menyentuh angka Rp300 ribu pada saat momentum perayaan mendatang,” ucapnya.

Walaupun akan mengalami kenaikan, Kepala Diskoperindag Kabupaten Pemalang Hepi Priyanto melalui Kepala Seksi Perdagangan dan Perlindungan Konsumen mengungkapkan bahwa stok barang akan tetap stabil. Dan pihaknya akan terus memantau kestabilan harga serta stok agar tidak ada kelangkaan yang menyebabkan kenaikan harga tak terkendali. (fan/abd)