Permudah Pelayanan, DPMPTSP Jateng Luncurkan Malabar

PAPARAN: Kasubbag Umum dan Kepegawaian DPMPTSP Jateng Danang Pambudi dalam peluncuran sistem Malabar di Ruang Integritas DPMPTSP Jateng, Jumat (9/12). (HUMAS/JOGLO JATENG )

SEMARANG, Joglo Jateng – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah meluncurkan satu sistem terbarunya, yakni Malabar.

Kasubbag Umum dan Kepegawaian DPMPTSP Jateng Danang Pambudi menerangkan, Malabar merupakan salah satu sistem yang ada dalam aplikasi Si Jablay. Lalu kegunaannya untuk pengelolaan barang DPMPTSP Jateng.

“Seluruh pengguna dapat mengakses informasi Malabar. Informasi malabar dibagi menjadi lima. User regular, koordinator aset, pengelola aset, kasubbag umum dan kepegawaian, dan user sekretaris dinas,” ujarnya, di ruang Integritas DPMPTSP Jateng, Jumat (9/12).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, user regular hanya dapat melihat dan mengajukan perbaikian barang yang digunakan oleh user tersebut. Kemudian user koordinator aset dapat melihat dan mengajukan perbaikan barang yang berada di ruangan yang diampu.

Baca juga:  Harganas Targetkan 10 Ribu Peserta se-Indonesia

Berikutnya, user pengelola aset dapat, mengelola seluruh barang. Selanjutnya, user sekretaris dinas dan kasubbag umum dan kepegawaian dapat melakukan persetujuan maupun penolakan barang yang diajukan.

“User pengelola aset menindaklanjuti pemeliharaan sesuai disposisi sekretaris dan kasubbag umum dan kepegawaian,” kata Danang.

Untuk dapat mengakses Malabar, menurutnya, pengguna bisa log in di aplikasi Si Jablay menggunakan akun masing-masing. Langkah selanjutnya, klik sub menu barang pada menu Malabar. Maka akan muncul data barang yang digunakan.

Sedangkan ntuk meng-update barang, klik ubah pada barang yang dinginkan. User dapat mengubah data barang sesuai dengan kondisi barang yang digunakan. Jika barang belum memiliki gambar, terlebih dahulu pengguna meng-upload barang nampak depan, belakang, samping kanan, dan samping kiri. Setelah melakukan perubahan, bisa langsung klik tombol simpan.

Baca juga:  Wali Kota Semarang Ingatkan Aliran Air BKT Bisa makin Deras

Untuk melakukan pengajuan pemeliharaan, pengguna dapat meng-klik tombol ikon titik tiga pada barang yang diinginkan, kemudian pilih ajukan perbaikan. Perbaikan hanya bisa diproses apabila barang tidak sedang dalam proses pengajuan barang.

Untuk meng-uploadnya, barang dilampirkan dalam bentuk foto sebagai dokumen pendukung. Kemudian klik tombol kirim. Lalu pengajuan barang akan terkirim ke user sekretaris untuk diverifikasi.

User sekretaris akan melakukan persetujuan atau penolakan terhadap barang yang diajukan perbaikan.

Adapun kegiatan peluncuran sistem Malabar turut diikuti oleh Sekretariat dan seluruh Kordinator dan PEJABAR Pengadan DPMPTSP Jateng. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penggunaan sistem Malabar ini, pengguna dapat mengakses aplikasi Si Jablay. (mg4/ziz)