Optimalisasi Pembelajaran Matematika dengan Video Pembelajaran Sekolah Dasar

Oleh: Rosita Nailin Nafisah, S.Pd
Guru SD 3 Jekulo, Kec. Jekulo, Kab. Kudus

SETIAP guru pastinya mempunyai strategi yang berbeda untuk diterapkan kepada siswanya agar siap dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Kebanyakan guru membuat materi yang mudah diakses melalui media elektronik. Salah satunya dengan membuat materi dalam bentuk tulisan Word atau PDF. Materi tersebut kemudian didiskusikan melalui aplikasi pembelajaran online. Misalnya Whatsapp, Google Classroom, Teams, dan lain sebagainya. Permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan sekarang adalah bagaimana pembelajaran yang disampaikan dapat mampu dipahami oleh siswa. Terlebih pada pelajaran matematika.

Selamat Idulfitri 2024

Pentingnya pemahaman matematis bukan hanya karena akan tercapainya sebuah tujuan dalam pembelajaran. Namun dapat membantu siswa dalam memahami setiap konsep secara mendalam. Media pembelajaran pun digunakan, tak terkecuali pada pembelajaran matematika. Sarana pembelajaran daring salah satunya yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar adalah video pembelajaran. Media tersebut menjawab kebingungan sebagai guru dalam menyampaikan materi matematika yang perlu penjelasan dan latihan dalam memahamkan siswa.

Berbagai cara yang dilakukan oleh guru dalam mengemas pembelajaran matematika agar dapat dipahami siswa. Di antaranya dengan menggunakan media pembelajaran video interaktif. Video merupakan serangkain gambar atau tulisan yang bergerak yang didalamnya diisi dengan suara. Sehingga membentuk suatu alur yang memiliki pesan-pesan khusus didalamnya guna untuk tercapainya tujuan tertentu (Rusman, 2011).

Sedangkan Video pembelajaran interaktif memuat materi yang bersifat praktis dan dikemas semenarik dan sekreatif mungkin agar materi dapat mudah dipahami oleh siswa. Niswa (2013) menjelaskan bahwa dengan diberikannya video kepada siswa, hanya dengan melihat dan mendengar video tersebut saja, dapat merangsang minat siswa dalam belajar. Kemudian menunjang pendalaman materi dan membuat siswa lebih mandiri.

Video pembelajaran matematika yang interaktif merupakan video yang didalamnya memuat isi dari materi matematika yang disajikan secara jelas, ringkas. Lalu disertai suara grafik, serta gambar yang bergerak dengan harapan memudahkan siswa dalam memahami materi yang akan di sampaikan.

Manfaat video pembelajaran bagi guru adalah sebagai arsip dokumentasi materi yang diajarkan. Berikutnya video pembelajaran sangat mudah dibuat bahkan hanya dengan handphone, video pembelajaran membuat pembelajaran jarak-jauh menjadi efektif. Selain itu materi yang dibuat dalam bentuk video akan sangat mudah diberikan ke peserta didik dengan berbagai macam aplikasi, seperti WA, Line, dst. Di samping itu, dapat di-upload keberbagai macam platform seperti Youtube, Instagram, Facebook, dll.

Sedangkan manfaat bagi siswa adalah sebagi berikut. Pertama, peserta didik mendapatkan video penjelasan yang tepat. Kedua, Peserta didik dapat mengulang-ulang penjelasan dari video pembelajaran yang dibuat guru. Ketiga, jauh lebih hemat kuota, karena video pembelajaran dari guru dapat diperkecil ukurannya, sehingga tidak membebani kuota. Kempat, proses pembelajaran peserta didik menjadi lebih efektif. Kelima, dengan adanya video pembelajaran, peserta didik mendapatkan intruksi yang jelas tentang penugasan.

Video pembelajaran Youtube atau video buatan guru untuk pelajaran matematika yang di-share dalam grup SD 3 Jekulo sudah disesuaikan dengan materi dalam silabus. Pemberian materi pembelajaran matematika melalui video pembelajaran Youtube dengan durasi waktu maksimal tiga menit yang berisi materi dan latihan soal.

Selanjutnya guru memberikan latihan soal dan cara mengerjakannya yang difotokan untuk memperjelas anak. Setelah semua pertanyaan anak melalui Whatsapp terjawab, guru melanjutkan mengevaluasi melalui tugas dengan lembar kerja siswa yang sudah diberikan pada awal pembelajaran. Hasil pekerjaan siswa dikirim ke Whatsapp guru dengan waktu yang ditentukan. Penggunaan video pembelajaran pada materi matematika sangat membatu sekali bagi pelaksanaan Pembelajaran dan merupakan media yang paling tepat. (*)