Tembus 1.400 Pengunjung, Wisata Pantai di Jepara Berjalan Seperti Weekday

GEMBIRA: Tampak beberapa anak tengah bermain pasir di Pantai Bandengan, belum lama ini. (MUHAMMAD AGUNG PRAYOGA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Sejumlah destinasi wisata pantai di Jepara berjalan seperti biasa. Meski cuaca buruk, tidak menghentikan niat masyarakat untuk melancong atau sekadar refreshing. Tercatat, 1.400 wisatawan dari Jepara maupun sekitarnya memenuhi.

Adapun, okupansi tersebut adalah Wisata Pantai Bandengan dan Pantai Kartini. Menurut Pengelola Pantai Bandengan, Subiyanto memaparkan, wisatawan yang berkunjung sampai 1.000. Sedangkan, pihaknya telah mempersiapkan 1.500 karcis.

“Apabila masuk weekend, di Bandengan mencapai 800 wisatawan ketika hari Sabtu. Sementara jika Minggu, bisa 2.000 pengunjung. Ini seperti weekday,” papar Subiyanto kepada Joglo Jateng, Sabtu (24/12).

Baca juga:  Ruang Terbuka Hijau di Jepara Baru 18,12 Persen

Sementara itu, pengelola Pantai Kartini, Joko Wahyu mengatakan, umumnya ketika weekend berada di angka 200 pengunjung. Di sisi lain, jelang Natal da Tahun Baru (Nataru), wisatawan menembus 400 karcis di Pantai Kartini.

“Biasanya, ketika weekend hanya 200, dan di hari ini tercatat sampai 400 pengunjung Saya kira, yang memenuhi dari masyarakat sekitar Jepara, seperti Kudus, Demak dan Pati mungkin,” kata Joko di sebelah barrier gate keluar.

Lebih lanjut, menurut Joko, wisatawan yang melancong ke pantai belum ada peningkatan yang serius. Pasalnya, masih sama dibandingkan dengan weekday biasanya. Hal ini, ia menambahkan, dikarenakan cuaca buruk yang menyelimuti Kabupaten Jepara beberapa hari terakhir.

Baca juga:  Kasus Bank Jepara Artha, DPRD Gunakan Hak Interpelasi dan Bentuk Pansus

“Sekarang pengunjung masih landau, seperti biasanya. Faktornya adalah alam yang tidak bersahabat, gelombang tinggi sehingga masyarakat sedikit enggan untuk ke pantai, meski hari libur Nataru. Namun, saya optimis, wisatawan bakal memuncak seminggu ke depan,” terang dia.

Di tempat yang berbeda, Subiyanto turut membenarkan. Menurutnya, cuaca berpengaruh terhadap niat wisatawan untuk melancong. Meski Pantai Bandengan disesaki dengan pengunjung, pihaknya mengantisipasi lewat papan himbauan agar tidak berenang di pantai.

“Gelombang tinggi dan cuaca buruk memang tidak menghalangi masyarakat untuk berwisata di Bandengan Jepara. Namun, dari saya selaku pengelola tetap memperingatkan kepada pengunjung agar tidak berenang, karena membahayakan,” pungkas Subiyanto. (cr2/fat)