Etika dalam Pendidikan Membentuk Kepribadian Siswa

Oleh: Drs. Iksan
Guru PPKn SMP N 2 Taman

PENDIDIKAN adalah proses belajar yang melibatkan penerapan nilai-nilai kebaikan. Dalam rangka mengembangkan potensi dasar peserta didik menjadi terbuka dan berbudi pekerti luhur. Maka perilaku beretika diutamakan dalam proses pengajaran. Dalam KBBI, etika diartikan sebagai pengetahuan tentang prinsip-prinsip moral. Ditinjau dari segi terminologi, etika memiliki banyak ungkapan yang semuanya bergantung pada cara pandang masing-masing individu.

Selamat Idulfitri 2024

Etika merupakan ketentuan yang mengatur perilaku orang-orang dalam masyarakat. Peraturan tersebut mewajibkan semua orang yang tinggal di lingkungan sosial untuk mengikuti etika yang harus diikuti dalam perilaku mereka. Landasan terpenting dalam menerapkan etika adalah sopan santun kepada orang lain, menghormati siapapun atau orang yang lebih tua. Dalam menerapkan etika ini, kita harus mengikuti aturan atau kebiasaan yang berlaku di lingkungan tempat kita tinggal.

Baca juga:  Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Pendidikan etika mengajarkan kita untuk mengetahui hal yang baik dan buruk. Etika juga mengajarkan kita untuk berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Etika dan pendidikan merupakan dua hal yang saling berkaitan. Orang terpelajar dapat dikenali dari sikap dan gaya hidupnya, dimana ia menunjukkan perilaku baik, berperilaku sopan dan berbicara santun. Pendidikan mengajarkan bagaimana siswa mempunyai etika yang baik.

Di lingkungan sekolah, siswa bertemu dengan guru dan teman-temannya setiap hari. Setiap siswa memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda. Setiap lingkungan sekolah dan setiap guru memiliki karakteristik dan situasi yang berbeda. Namun terlepas dari kedua hal tersebut, semua siswa harus menghormati, menghargai, dan menjunjung tinggi etika yang baik dan benar terhadap guru.

Baca juga:  Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Menyekolahkan Anak

Perilaku siswa yang mencerminkan etika yang baik ditunjukkan dengan cara menyapa dan memberi salam saat bertemu guru. Selain itu etika seorang siswa kepada guru dapat terlihat dari perilaku sopan santun, baik hati, berbakti, serta mengikuti petunjuk guru. Perilaku siswa yang beretika baik dapat terlihat pada perilaku menghormati dan menghargai guru. Dimana saat guru menjelaskan materi pelajaran, siswa hendaknya memperhatikan dengan baik apa yang disampaikan guru, sebab itulah bentuk rasa hormat siswa kepada guru.

Etika dalam pendidikan saling berkontribusi untuk kelancaran sistem pembelajaran serta dapat melindungi kepentingan guru dan siswa. Sehingga terbentuk kepribadian siswa dalam hidup bersama di masyarakat. Etika sangat diperlukan dalam perwujudan kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena jika kita mengikuti etika, kita dapat memiliki kehidupan bernegara yang baik dalam masyarakat yang bermoral baik. Diikuti dengan cara hidup yang baik.

Baca juga:  Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Menyekolahkan Anak

Demikian, sebagian kecil penerapan etika dalam pendidikan yang dapat diajarkan di lingkungan sekolah. Guru menjadi peran nyata dan berpartisipasi dalam pendidikan moral perilaku etis siswa. Kami memahami adanya kerjasama antara guru, orang tua, dan semua pihak untuk memberikan siswa karakter yang sesuai dengan standar nilai-nilai pancasila. (*)