Kudus Siap Ikuti Orientasi Kabupaten Kota Sehat

  • Bagikan
Temu: Pertemuan tim pembina dan tim teknis dalam persiapan orientasi Kudus Kabupaten kota Sehat, Senin (2/1/2023). (MU'ARIFAH/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten Kudus siap mengikuti orientasi menuju Kabupaten Kota Sehat (KKS) 2023. Hal tersebut merupakan hasil kerja sama dengan sembilan elemen perangkat daerah terkait.

Kawasan sehat adalah suatu kondisi wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat bagi pekerja, pemberi kerja dan masyarakat. Melalui peningkatan suatu kawasan potensial dengan kegiatan yang terintegrasi disepakati masyarakat, kelompok usaha dan pemerintah daerah.

Hal itu termuat pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat. Serta peraturan Menteri kesahatan Nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005.

Pertemuan ini diikuti sembilan organisasi pemerintah daerah (OPD) dan tim teknis. Sembilan OPD tersebut sesuai elemen yang ada dalam KKS. Diantaranya kehidupan masyarakat mandiri, pemukiman dan rumah ibadah, pasar rakyat, satuan pendidikan, dan pariwisata.

Kemudian, transportasi dan tertib lalu lintas jalan, perkantoran dan perindustrian, perlindungan sosial, terakhir pencegahan dan penanganan bencana. Serta tim teknis.

Menurut Kabid, Kesehatan Masyarakat, DKK Kudus, Nuryanto, adanya tim teknis ini untuk mengarahkan kegiatan dan mempercepat dalam menuju Kudus Kabupaten Kota Sehat. Lebih lanjut, tim ini berisi dari akademisi, swasta, maupun lembaga swadaya masyarakat yang berkecimpung dalam kesehatan lapangan.

“Bu Mawar sudah memberikan arahan dan sambutan bahwa kegiatan ini sudah dilaksanakan dengan baik oleh OPD. Tinggal dokumentasi dalam pemberkasan,” tutur Nuryanto.

Pihaknya menambahkan, kegiatan ini sudah disiapkan sejak 2022 dan pemberian penghargaan di 2023. Ada tiga penghargaan yang diberikan. Yaitu Swasti Saba Padapa, Swasti Saba Wowerda, dan yang tertinggi, yaitu Swasti Saba Wistara.

“Apapun penghargaan yang diterima, kami akan selalu melangkah menuju Kudus Kabupaten Kota Sehat. Sebagai tanggung jawab kami kepada masyarakat,” pungkasnya. (cr8/fat)

  • Bagikan